Otomotif13 September 2020 13:16

Sigra Masih Jadi Ujung Tombak Daihatsu, Xenia Menumpul?

Konten Redaksi kumparan
Sigra Masih Jadi Ujung Tombak Daihatsu, Xenia Menumpul? (756442)
Daihatsu Xenia 1.3 tipe terendah Foto: dok. Daihatsu
Taji Daihatsu Xenia rupanya mulai menumpul. Performa penjualan MPV murah kembaran Toyota Avanza itu menunjukkan penurunan.
ADVERTISEMENT
Marketing & Customer Relations Div. Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengungkapkan, ini bukan karena pasar jenuh dengan model tersebut.
Sigra Masih Jadi Ujung Tombak Daihatsu, Xenia Menumpul? (756443)
Daihatsu Grand New Xenia Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Jelasnya, kendaraan penumpang di Indonesia didominasi segmen Low MPV, yang selama kondisi pandemi penurunan volumenya besar. Akibatnya, Daihatsu Xenia terkena imbasnya.
"Komposisi segmen otomotif Indonesia paling besar adalah segmennya Xenia, Ertiga, dan Avanza. Segmen ini 22 hingga 25 persen. Pada 2020 memang segmen ini mengalami penurunan 15 sampai 16 persen atau turun sekitar 6 persen," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/9).
Sigra Masih Jadi Ujung Tombak Daihatsu, Xenia Menumpul? (756444)
Daihatsu Xenia Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Data penjualan mobil yang dikompilasi Daihatsu dari Gaikindo menunjukkan, selama Januari hingga Agustus 2020, Xenia terdistribusi ke diler sebanyak 6.054 unit. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, Daihatsu mencatat penjualan sebesar 14.207 unit. Artinya ada koreksi hingga 57,3 persen.
ADVERTISEMENT
Namun di sisi lain, mobil 7-penumpang Daihatsu lainnya bisa tampil mendominasi. Daihatsu Sigra menjadi kontributor untuk kendaraan penumpang pabrikan, menyumbang sumbangsih 27,6 persen terhadap keseluruhan penjualan, walaupun turun 1,9 persen dari kurun waktu yang sama tahun lalu.
Sigra Masih Jadi Ujung Tombak Daihatsu, Xenia Menumpul? (756445)
New Daihatsu Sigra sedang diuji di jalanan menanjak. Foto: Daihatsu
Hendrayadi menambahkan, hal tersebut membuktikan adanya pergeseran motif kepemilikan kendaraan berdasarkan daya jual. Berdasarkan analisanya, pembeli mobil selama Maret hingga Agustus ini merupakan konsumen yang benar-benar butuh dengan harga terjangkau.
"Sehingga segmen 7-seater turunnya ke Sigra, jadi mereka masih butuh itu, karena LCGC harganya lebih terjangkau dari Xenia, jadi mereka shifting sedikit ya, alhamdulillah masih punya Sigra jadi penurunannya enggak terlalu besar," imbuhnya.
Sigra Masih Jadi Ujung Tombak Daihatsu, Xenia Menumpul? (756446)
Sejumlah unit test New Daihatsu Sigra sedang melewati kawasan Lembang, Bandung Jawa Barat. Foto: Astra Daihatsu Indonesia

Posisi penjualan Daihatsu Xenia di segmen Low MPV

Saat ini penjualan Low MPV khususnya periode Januari sampai Juli 2020 masih didominasi Toyota Avanza yang terjual 21.537 unit. Disusul Mitsubishi Xpander dengan torehan 14.556 unit, baru Daihatsu Xenia 5.938 unit.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white