kumparan
20 Desember 2019 14:49

Simak Lagi Spesifikasi Motor Kustom Kawasaki W175 Jokowi

PTR, Jokowi tinjau trans Kalimantan
Presiden Joko Widodo melintasi jalan Trans Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12). Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan lawatan ke Kalimantan Utara dengan menaiki motor kustom beraliran Chopper-Bobber. Trek yang dilibas bukan aspal mulus melainkan tanah, berpasir, dan bahkan hingga berlumpur.
ADVERTISEMENT
Bila ingat, motor kustomnya itu dibangun dari Kawasaki W175, yang dirombak oleh builder kondang Andi Akbar atau akrab dikenal Atenx si pemilik Katros Garage.
Sebelumnya Jokowi juga sudah menunggangi motor berbadan gambot tersebut saat melakoni kunjungan kerja ke Pasar Anyar di Tangerang awal November 2018.
Joko Widodo, motor Copper Kalimantan
Presiden Joko Widodo (kiri) melintasi jalan Trans Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019). Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menggunakan jaket merah dengan pelindung kepala khas motor retro, kali ini Jokowi meninjau ke perbatasan Trans-Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan pada Kamis (19/12). Berbeda dengan pejabat lainnya yang memilih motor trail, R-1 lebih memilih motor dengan kelir hijau tersebut.
“Bisa merasakan betul kalau pakai kendaraan (motor). Kalau pakai mobil ya rasanya akan berbeda,” kata Jokowi di depan wartawan yang dikutip dari keterangan resmi Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Negara, Jumat (20/12).
Jokowi tinjau trans Kalimantan
Presiden Joko Widodo (tengah) mengendarai motor Copper saat kunjungan kerja di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12). Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Sedikit menapak tilas, Kawasaki W175 kustom milik RI-1 itu memakan waktu dua bulan dalam penggarapannya. Namun sebelum benar-benar jadi Chopper Bobber, gaya Tracker-lah yang diusung Atenx.
ADVERTISEMENT
Untuk menjadikannya seperti sekarang ini, ubahan ekstremnya di bagian penyangga mesin alias sasis, posisi setang, dan posisi footpegs. Meski berubah aliran, kelir hijau mentereng tetap dipertahankan.
Chopper-Bobber Milik Jokowi
Tampilan depan motor Jokowi. Foto: dok. Katros Garage
Kemudian biar posisi berkendaranya pas dengan Jokowi, Atenx sampai-sampai memanggil temannya yang punya postur tubuh mirip Jokowi.
“Semuanya kami persiapkan dan pikirkan betul-betul. Sampai saya minta teman saya yang tingginya sama dengan Pak Jokowi untuk duduk dan ngerasain apakah posisi duduknya sudah nyaman atau belum,” terang Atenx.
Chopper-Bobber Milik Jokowi
Suspensi model upside down di motor Jokowi. Foto: dok. Katros Garage
Tampilan Bobber-nya makin kental berkat penggunaan ban depan dan belakang gambot dari Shinko E270 500, yang menyelimuti velg jari-jari berukuran ring 16. Tak hanya itu, haluan depan pun dirombak menggunakan suspensi upside down biar handling makin rigid.
Chopper-Bobber Milik Jokowi
Emblem MR.JOKOWI di tangki bensin motor Jokowi. Foto: dok. Katros Garage
Yang spesial, kalau dulu ada emblem bertuliskan Jokowi pada sisi kanan dan kiri tangki bensin, kini ada emblem tambahan di atas tangki bensinnya yang bertuliskan 'MR.JOKOWI' makin mengesankan sisi eksklusivitas.
ADVERTISEMENT
Kendati begitu, sayangnya Atenx enggan bersedia mengungkap biaya motor kustom Jokowi.
Berikut kumparan rangkum detail modifikasi Kawasaki W175 miliki Jokowi:
  • Lampu Depan: LED 5,75 inci
  • Lampu Sein: Aftermarket
  • Lampu Belakang: Aftermarket
  • Setang: Model Drag Bar
  • Spion: Aftermarket
  • Tangki: Handmade by Katro sGarage (pelat galvanis 1,2 mm)
  • Spakbor Depan: Handmade by Katros Garage (pelat galvanis 1,2 mm)
  • Spakbor Belakang: Handmade by Katros Garage (pelat galvanis 1,2 mm)
  • Cover Bodi Samping: Handmade by KatrosGarage (pelat galvanis 1,2 mm)
  • Jok: Kulit Sintetis
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan