Pol Espargaro MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika

Spesifikasi Motor MotoGP yang Pecahkan Rekor 'Laptime' Tercepat di Mandalika

14 Februari 2022 15:03
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Spesifikasi Motor MotoGP yang Pecahkan Rekor 'Laptime' Tercepat di Mandalika (57444)
zoom-in-whitePerbesar
Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Pol Espargaro memasuki paddock saat hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Foto: Andika Wahyu/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Pebalap Repsol Honda Racing MotoGP, Pol Espargaro, berhasil jadi yang tercepat dalam sesi tes pramusim MotoGP 2022 yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit pada 11 hingga 13 Februari 2022. Pol berhasil mencatatkan waktu putaran atau laptime tercepat di angka 1 menit 31:060 detik.
ADVERTISEMENT
Angka itu terpaut 1,8 detik dibandingkan rekor laptime tercepat sebelumnya, yakni 1 menit 32,877 detik yang dicatatkan pebalap World Superbike (WSBK) dari PATA Yamaha, Toprak Razgatlioglu pada balapan seri terakhir WSBK 2021.
Tampil untuk pertama kalinya di Pertamina Mandalika International Circuit, tentu bukan hal yang mudah bagi Pol Espargaro. Bahkan, dirinya baru mampu memecahkan rekor laptime tersebut pada sesi tes hari ketiga yang merupakan hari terakhir dari rangkaian tes pramusim MotoGP 2022.
Sebagai sirkuit baru, tentu dibutuhkan adaptasi bagi para pebalap untuk mempelajari racing line yang tepat agar bisa mencatatkan waktu tercepat. Situasi ini juga semakin dipersulit dengan kondisi lintasan yang sangat berdebu pada hari pertama, sehingga membuat daya cengkram ban menjadi tidak maksimal.
Spesifikasi Motor MotoGP yang Pecahkan Rekor 'Laptime' Tercepat di Mandalika (57445)
zoom-in-whitePerbesar
Pebalap motoGP, Pol Espargaro. Foto: Karim Jaafar/AFP
Kendati demikian, Pol terbilang sukses pada hari pertama sesi tes pramusim dengan menjadi yang tercepat dan mencatatkan waktu 1 menit 32:466 detik. Disusul oleh saudaranya, Aleix Espargaro yang membesut Aprilia RS-GP 2022 di posisi kedua dan membukukan angka 1 menit 32:937 detik.
ADVERTISEMENT
Catatan waktu Pol Espargaro justru melempem pada hari kedua tes pramusim dan hanya finish di posisi ke-8 dengan catatan waktu 1 menit 31:605 detik. Pada tes pramusim hari kedua, secara mengejutkan pebalap dari tim Mooney VR46 Racing, yakni Luca Marini, berhasil jadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 31:289 detik. Disusul oleh rekan setim Pol Espargaro, yakni Marc Marquez, yang menorehkan waktu 1 menit 31:481 detik.
Spesifikasi Motor MotoGP yang Pecahkan Rekor 'Laptime' Tercepat di Mandalika (57446)
zoom-in-whitePerbesar
RC213V 2022 dari tim Repsol Honda yang ditunggangi Pol Espargaro (44) di MotoGP 2022. Foto: Repsol Honda Team 2022
Kesuksesan Pol dalam mencatatkan waktu tercepat di Sirkuit Mandalika itu, memang terbilang mengejutkan. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, performa motor Honda RC213V terbilang kurang maksimal. Tidak hanya itu, Pol sendiri juga mengaku kaget dengan capaiannya tersebut.
Sebab, Pol tak menampik apabila dirinya memiliki kelemahan ketika menggeber di di Sirkuit yang memiliki cuaca panas dan tingkat kelembaban tinggi seperti Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
"Trek seperti ini dan Buriram (Thailand) adalah titik lemah bagi saya, karena sangat panas. Saya tak pernah suka aspal yang suhunya sampai 50 derajat [celsius]. Itulah kenapa menjadi cepat di Malaysia dan Mandalika sangat penting bagi saya," katanya, dikutip dari GPOne.

Kontribusi motor baru Honda RC213V

Spesifikasi Motor MotoGP yang Pecahkan Rekor 'Laptime' Tercepat di Mandalika (57447)
zoom-in-whitePerbesar
Honda RC213V Repsol Honda Racing Team. Foto: HRC MotoGP
Tentu saja, performa impresif dari Pol tersebut tidak terlepas dari settingan motor baru Honda RC213V untuk musim balap 2022. Ya, menurut pihak Repsol Honda Racing MotoGP, pihaknya memang telah banyak melakukan ubahan pada motor tersebut. Mulai dari sasis, aerodinamika pada bodi, bobot, mesin, transmisi, suspensi, hingga perangkat elektronik..
Adanya berbagai ubahan dan penyesuaian pada sasis, nampaknya benar-benar terbukti berhasil meningkatkan performa motor lebih optimal. Pun dari segi tampilan, Honda RC213V versi 2022 hadir dengan wajah baru yang benar-benar berbeda dibandingkan versi 2021.
ADVERTISEMENT
Terlihat dari tampilan air dam-nya yang kini berbentuk seperti kotak dan tidak pipih. Ada juga aerofairing atau winglet yang cukup lebar pada bagian bawahnya. Adapun untuk livery-nya, Honda RC213V masih mengusung livery berwarna oranye kombinasi merah, kuning, putih, dan biru, yang merupakan warna khas dari sponsor mereka, Repsol dan Red Bull.

Spesifikasi teknis Honda RC213V Repsol Honda Racing Team 2022

Mesin: 1.000 cc DOHC 4-katup 4-stroke V4 berpendingin cairan
Tenaga: Lebih dari 250 dk
Kecepatan maksimum: 355 kilometer per jam
Kapasitas tangki: 22 liter
Bahan bakar: Repsol
Transmisi: Manual, 6-percepatan
Knalpot: SC Project
ECU: Magneti Marelli
Suspensi depan: Teleskopik Fork Ohlins
Suspensi belakang: Pro-Link Ohlins
Rem depan: Brembo carbon ceramic hydraulic dengan kaliper 4 piston
ADVERTISEMENT
Rem belakang: Yutaka single disc hydraulic dengan kaliper 2 piston
Velg: OZ Racing
Ban depan: 120/70/ZR17 Michelin
Ban belakang: 190/55/17 Michelin
Bobot: 160 kg
Sirkuit Mandalika berdesing kencang, adu balap kuda besi akhirnya kembali ke Indonesia setelah 25 tahun menghilang. Menjadi spesial karena MotoGP Mandalika boleh dihadiri penonton meski di tengah pandemi. Bagaimana gempita dan penerapan prokesnya?
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten