Otomotif
·
22 September 2020 12:34

Sudah 5 Bulan Toyota Avanza Tak Duduki Takhta Mobil Terlaris

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sudah 5 Bulan Toyota Avanza Tak Duduki Takhta Mobil Terlaris (96766)
New Toyota Avanza tipe G. Foto: dok. Toyota
Toyota Avanza sudah 5 bulan di 2020 ini, tak menduduki takhta mobil terlaris di pasar wholesales (pabrik ke diler).
ADVERTISEMENT
Sepanjang periode tersebut, memang angkanya bergejolak dan berfluktuasi. Model seperti Honda Brio atau Mitsubishi Xpander, silih berganti tempati posisi sang raja di puncak klasemen.
Pertama pada April 2020, saat yang sama ketika penjualan mobil mulai mengalami penurunan akibat COVID-19 dan PSBB. Wholesales Avanza tercatat hanya 277 unit, yang memaksanya bertengger di posisi 6.
Sedangkan klasemen puncak diisi oleh Honda Brio sebanyak 766 unit, diikuti Daihatsu Sigra 479 unit, kemudian Toyota Innova 455 unit. Baru diikuti Mitsubishi Xpander dan Suzuki APV.
Sudah 5 Bulan Toyota Avanza Tak Duduki Takhta Mobil Terlaris (96767)
Avanza Veloz Sebangsa kini digelar di Kota Surabaya. Foto: Yuana Fatwalloh / kumparan
Sementara itu penjualan selama Mei makin memburuk, lantaran aktivitas produksi mobil dibatasi. Pabrik hanya boleh diisi maksimal 50 persen dari kapasitas biasanya, sehingga jumlah produksi menurun.
Dampaknya Avanza makin terdepak jauh ke posisi 10 dengan distribusi 91 unit. Paling atas ada Mitsubishi Triton dengan 336 unit, Mitsubishi Xpander 268 unit, dan Suzuki Xl7 196 unit.
ADVERTISEMENT
Bulan berikutnya angka distribusi membaik karena pelonggaran sejumlah kebijakan guna menekan penyebaran corona. Toyota bisa kembali menyuplai Avanza sedikit lebih banyak
Sayangnya hal itu belum membuatnya kembali bersinar, dengan menempati posisi 9. Karena paling atas diisi oleh Honda Brio, Toyota Innova, Toyota Alphard, Mitsubishi Xpander dan Toyota Rush.
Berikutnya pada Juli 2020, penjualan kembali bergairah. Avanza lambat laun merangsek ke urutan ke-5 dengan distribusi 1.108 unit. Namun paling atas bukan lah city car, melainkan Toyota Fortuner, diikuti Innova, dan Honda Brio.
Sudah 5 Bulan Toyota Avanza Tak Duduki Takhta Mobil Terlaris (96768)
Toyota Avanza Veloz Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Puncaknya pada Agustus 2020, wholesales Avanza mengecil dan makin tersalip model lain, dan menempati posisi ke-17 dengan angka 474 unit yang membuatnya terdepak dari 10 besar mobil terlaris. Sementara 3 teratas diisi Nissan Livina, Toyota Innova dan Rush.
ADVERTISEMENT
Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengaku tak mau ambil pusing soal posisi Avanza maupun angka pengiriman unitnya yang rendah. Menurutnya, perbedaan wholesales bisa terjadi kapan saja menyesuaikan stok di pasar.
"Sekali lagi, suplai ini tergantung kebutuhan stok di cabang. Avanza masih nomor satu retail sales di Toyota," ujarnya kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Secara klasemen berdasarkan penjualan retail, jelas Anton Toyota Avanza masih mendominasi, disusul Rush, Innova, Calya, dan Agya.
Menarik untuk menantikan lagi performa Toyota Avanza selama September, apakah makin terdepak dari 20 besar atau malah merajai pasar otomotif nasional lagi?