Otomotif
·
17 November 2020 15:28

Sudahkah DFSK Mencapai Target Kenaikan Penjualan 1.000 persen?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sudahkah DFSK Mencapai Target Kenaikan Penjualan 1.000 persen? (46099)
DFSK Glory i-Auto Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Merek mobil DFSK di bawah naungan PT Sokonindo Automobile sejak awal menargetkan jualan tinggi di pasar Indonesia. Klaim SUV Expert yang digalakkan oleh mereka lewat Glory 580 dan 560-nya.
ADVERTISEMENT
Namun berdasarkan data dari Gaikindo, merek mobil asal Tiongkok ini hanya mencatatkan wholesales sebanyak 3.857 unit. Sementara retail-nya di 3.260 unit sepanjang 2019 lalu.
Torehan itu tentu masih jauh dari target yang ditentukan. Dulu, DFSK dengan percaya diri bisa menjual 12 ribu unit sampai akhir 2019 atau naik 1.000 persen, dibanding perolehan di 2018 (1.200 unit).
Sudahkah DFSK Mencapai Target Kenaikan Penjualan 1.000 persen? (46100)
Perbandingan DFSK Glory 580 dan i-Auto Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Kemudian tahun ini, penjualan makin tergerus lantaran digempur pandemi COVID-19. Sepanjang Januari hingga September 2020 DFSK wholesales turun 53,9 persen menjadi 1.216 unit dan retailnya merosot 14,8 persen menjadi 1.778 unit.
PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK), Achmad Rofiqi mengatakan di tengah pandemi yang memukul telak industri otomotif termasuk mobil, pihaknya akan melakukan revisi target.
ADVERTISEMENT
Tapi saat ditanya revisi target penjualan menjadi berapa unit, dia enggan berkomentar banyak.
"Dengan kondisi pandemi seperti ini memang tidak ada yang memperkirakan. Mungkin saja dialami oleh semua brand otomotif di dunia bahkan bukan di Indonesia saja. Menyoal target pasti ada perubahan dan penyesuaian," kata dia saat dihubungi kumparan, Senin (16/11).
Sudahkah DFSK Mencapai Target Kenaikan Penjualan 1.000 persen? (46101)
DFSK Indonesia kejar image SUV Expert. Foto: Ghulam M Nayazri / kumparan
Strategi yang akan dijalankan oleh DFSK di tengah pandemi seperti ini, kata Fiqi akan tetap bertahan di market dan melihat situasi pasar.
"Stay untuk bertahan di market. Kita cocokkan antara demand dan supply seperti apa. Beberapa produk kita juga sudah produksi di sini, kita amati jumlah produksi dan permintaan juga harus disesuaikan," pungkasnya.
Sudahkah DFSK Mencapai Target Kenaikan Penjualan 1.000 persen? (46102)
DFSK Indonesia. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Balik lagi soal target penjualan 12.000 unit yang pernah dipatok pihaknya, ia mengatakan akan melakukan revisi.
ADVERTISEMENT
"Detail target penjualan kami kami tidak bisa mengumumkan kepada publik. Kalau revisi tentu saja ada karena pandemi ini berpengaruh terhadap penjualan kami dan seluruh pasar otomotif nasional," jelas dia.

Genjot penjualan lewat diskon dan promo

Sudahkah DFSK Mencapai Target Kenaikan Penjualan 1.000 persen? (46103)
DFSK Gelora Bensin Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Guna memaksimalkan penjualan hingga akhir tutup 2020. Fiqi mengatakan akan hadir diskon harga dan promo menarik untuk konsumen yang tertarik membeli produk DFSK.
"Kami akan memaksimalkan penjualan kendaraan dengan menghadirkan program penawaran yang menarik dan akan mempermudah konsumen dalam memiliki kendaraan-kendaraan DFSK. Untuk detail programnya akan kami kabarkan dalam waktu dekat," katanya.