Otomotif
·
7 Oktober 2020 15:02

Suzuki Indonesia Sudah Setengah Abad, Ini Prestasinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Suzuki Indonesia Sudah Setengah Abad, Ini Prestasinya (616329)
Logo Suzuki di setir Suzuki XL7. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Suzuki Indonesia genap berusia 50 tahun pada 2020 ini. Pertama hadir di Tanah Air pada 1970, kala itu Suzuki masih berfokus menjajakan sepeda motor.
ADVERTISEMENT
Beberapa line up andalan roda dua Suzuki, seperti A110 dan FR70 pun ditawarkan ke masyarakat. Setelah 6 tahun berkiprah di bumi pertiwi, Suzuki pun mulai mencoba peruntungannya dengan mendirikan fasilitas produksi pertamanya di Pulo Gadung.
Di bawah bendera PT Indomobil Utama (IMU), pabrik Pulo Gadung inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya fasilitas-fasilitas produksi Suzuki lainnya.
Saat itu, 2 kendaraan roda empat pertama Suzuki pun dihadirkan ke tanah air. Pertama ada pikap ST10 dan ada mobil mungil perkotaan Suzuki Fronte.
Khusus Suzuki ST10, kehadirannya nampaknya cukup diterima baik oleh masyarakat. Sebagi sebuah mobil pikap, ST10 banyak dipilih masyarakat yang membutuhkan kendaraan niaga.
Setelah sukses dengan ST10, Suzuki pun kembali menghadirkan produk penerusnya, yakni Super Carry ST20. Sebagai mobil pertama yang diproduksi Suzuki di Tanah Air, mobil yang kerap disapa 'Truntung' ini terbilang laris manis.
Suzuki Indonesia Sudah Setengah Abad, Ini Prestasinya (616330)
Suzuki Carry Truntung T20 1981 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tidak hanya laku sebagai kendaraan niaga saja, Carry ST20 juga banyak dimanfaatkan sebagai angkutan kota atau angkutan pedesaan.
ADVERTISEMENT
Selain menawarkan Carry ST20, Suzuki juga menghadirkan Jimny LJ80.
Mobil berjenis jip ini cukup digemari karena punya bentuk yang gagah dan macho di jamannya. Dari 4 mobil awal itulah, Suzuki terus mengembangkan dan menghadirkan berbagai model mobilnya di Indonesia, baik itu yang didatangkan secara impor atau yang diproduksi di Indonesia.
Suzuki Indonesia Sudah Setengah Abad, Ini Prestasinya (616331)
Modifikasi Suzuki Jimny SJ40 1986 Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Hampir 2 juta unit penjualan mobil Suzuki

Kini, tepat di usia setengah abadnya, jutaan unit kendaraan roda empat tentu telah dilepas Suzuki ke pasaran Indonesia.
Sebelumnya pak Itayama (Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales dan PT Suzuki Indomobil Motor) sudah pernah mengatakan di akhir 2019 lalu, bahwa produk kami sudah hampir menyentuh 2 juta unit," jelas Donny Saputra, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Dari angka penjualan yang cukup besar itu, kata Donny, mayoritas disumbangkan oleh produk-produk Suzuki yang diproduksi di Indonesia.
Suzuki Indonesia Sudah Setengah Abad, Ini Prestasinya (616332)
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Fasilitas Produksi Suzuki yang terus berkembang selama 50 tahun

Tidak hanya penjualannya saja yang terus mengalami peningkatan, fasilitas produksi yang dimiliki Suzuki juga terus berkembang. Kini, di usianya yang ke 50 tahun, 4 fasilitas produksi telah dimiliki oleh pabrikan berlogo S ini di Tanah Air.
ADVERTISEMENT
"Berawal dari Pulo Gadung, kini kami sudah punya 4 lokasi fasilitas produksi. Ada di Cakung, Tambun 1, Tambun 2, kemudian ada di Cikarang," tambah Donny.
Suzuki Indonesia Sudah Setengah Abad, Ini Prestasinya (616333)
Suzuki XL7. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Tingkat kandungan konten lokal Suzuki yang terus meningkat

Banyaknya fasilitas produksi yang dimiliki Suzuki di Indonesia, rupanya juga dibarengi dengan peningkatan konten lokal di setiap produknya. Untuk komponen mesin dan transmisi, bahkan Donny menjamin hampir seluruhnya sudah diproduksi di Indonesia.
"Proses pembuatan mesin dan transmisi, kami ada di Cakung dan di Cikarang. Jadi bisa dibilang lebih dari 85 persen kandungan konten lokal di setiap produksi kami," beber Donny.
Suzuki Indonesia Sudah Setengah Abad, Ini Prestasinya (616334)
Test drive Suzuki Carry pikap Foto: dok. SIS

Produk Suzuki Indonesia diterima di pasar internasional

Lalu dalam hal ekspor, Suzuki juga terus menambah catatan positifnya. Mulai dari ragam produk yang dikapalkan, hingga tujuan negaranya yang terus bertambah.
ADVERTISEMENT
Pada 2020 ini, tercatat ada hampir 50 negara yang menjadi tujuan ekspor dari produk-produk Suzuki. Mayoritas negara itu didominasi oleh kawasan Asia dan Amerika Latin.
"Kalau dilihat dari awal dahulu mungkin sudah hampir seratusan negara ya. Baik itu yang pernah atau masih jadi tujuan ekspor Suzuki," ungkap Donny.
Suzuki Indonesia Sudah Setengah Abad, Ini Prestasinya (616335)
Perbandingan muka Suzuki XL7 dan Ertiga Foto: Bangkit Jaya Putra
Adapun produk roda empat yang diekspor Suzuki saat ini meliputi Carry pikap, Ertiga, XL7, Karimun Wagon R, dan APV. Dari 5 produk itu, produk baru XL7 rupanya jadi yang paling banyak dikapalkan sepanjang 2020 ini.
Dengan berbagai raihan positif selama 50 tahun tersebut, kini selanjutnya jadi tugas berat bagi pabrikan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan raihan-raihan positif tersebut.
Tentu saja, untuk mempertahankan dan meningkatkan raihan-raihan tersebut, bukanlah suatu hal yang mudah. Berbagai tantangan pun siap mengadang Suzuki ke depannya, mulai dari kehadiran merek-merek otomotif baru, hingga situasi ekonomi yang sulit, apalagi seperti saat pandemi COVID-19 ini.
ADVERTISEMENT
Lantas, mampukah Suzuki mempertahankan atau meningkatkan raihan-raihan positif yang sudah dicapai selama 50 tahun itu? Mari kita nantikan kiprahnya.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)