kumparan
23 April 2018 8:54

Suzuki Optimistis All New Ertiga Laku 5.000 Unit per Bulan

All new Suzuki Ertiga (Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO)
All new Suzuki Ertiga melakoni debut global di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Hadirnya model baru dari keluarga low MPV tersebut diharapkan pabrikan mampu mendongkrak penjualan Ertiga.
ADVERTISEMENT
"Kami targetkan sekitar 5.000 unit untuk all new Ertiga untuk domestik saja, jadi kalau melihat penjualan Ertiga yang sekarang itu per bulan ada di angka 3.000 unit, kami cukup optimistis untuk all new Ertiga," kata Head of Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel.
Harold menambahkan, all new Suzuki Ertiga ini memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan kompetitor. Tapi, ia pun mengakui ada beberapa fitur dari Ertiga generasi kedua ini yang berada di bawah produk lawan.
"Di mana ada fitur dari ertiga baru yang dianggap lebih baik dari kompetitor, tapi di samping itu tidak bisa dipungkiri juga bila ada juga yang di bawah (fitur) dari kompetitor. Jadi kalau ditanya alasan, itu adalah bagian dari strategi kami untuk all new Ertiga," papar Harold.
Launching Suzuki New Ertiga (Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan)
All new Suzuki Ertiga yang baru diluncurkan Suzuki menggendong mesin baru seri K15B berkapasitas 1.5L. Dia menggunakan dual overhead camshaft (DOHC) variable valve timing (VVT) yang menawarkan tenaga maksimum 103 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui pilihan tarnsmisi manual dan otomatis.
ADVERTISEMENT
Di samping mesin baru, ubahan signifikan pada all new Ertiga juga termasuk sektor kosmetika. Mobil yang diproduksi di Cikarang ini mendapat revisi pada bentuk muka; grille, bumper, headlamp, lampu belakang, dan lekukan-lekukan pada panel body untuk memberikan kesan sporty.
All New Suzuki Ertiga (Foto: Alfons Hartanto/kumparan)
All new Ertiga juga mengalami peningkatan dimensi. Saat ini, dia lebih panjang 130 mm, lebar 40 mm, dan tinggi 5 mm dibandingkan generasi pertama.
Menyoal fitur keselamatan, Suzuki menambahkan Vehicle Stability Control (VSC) -- di Suzuki namanya Electronic Stability Program -- untuk varian GX ESP saja. Sementara rem ABS dengan EBD, dual airbags, ISOFIX dan sabuk pengaman tiga titik tersedia di seluruh tipe.
Adapun, all new Ertiga dipasarkan dalam empat tipe; GA, GL, GX, GX ESP dengan tujuh pilihan warna pearl radiant red, pearl burgundy red, pearl snow white, prime cool black, metallic silky silver, pearl glorious broken, serta metallic magma gray.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, PT SIS hingga saat ini masih merahasiakan banderol all new Ertiga. Menurut sumber kumparanOTO, mobil itu akan mengalami kenaikan harga sekitar Rp 10-15 juta.
Komparasi Suzuki Ertiga (Foto: Sabryna Putri Muviola/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan