Otomotif
·
24 Agustus 2020 12:18

Tampil Beda, MINI Ini Dijejali Mesin Kawasaki Ninja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tampil Beda, MINI Ini Dijejali Mesin Kawasaki Ninja (569461)
searchPerbesar
MINI Rover Ninja. Foto: dok. Motopinas
Modifikasi unik terhadap sebuah Rover MINI atau yang lebih dikenal dengan MINI Cooper kembali terjadi lagi. Bila sebelumnya di Indonesia ada sebuah MINI yang dibangun di atas basis Toyota Agya, kali ini giliran MINI dibekali dengan mesin motor Kawasaki Ninja.
ADVERTISEMENT
Ya, melansir dari Motor1 dan motopinas, seorang modifikator asal Kanada, Adam dari rumah modifikasi AMT Machine Shop mengubah MINI Rover 1981 kesayangannya dengan tampilan yang berbeda dari umumnya.
Adam menyematkan mesin milik Kawasaki Ninja ZX-10 1999 berkapasitas 998cc pada MINI kesayangannya. Mesin itu menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar, yakni 175 dk.
Menariknya, dikarenakan keterbatasan ruang mesin di bagian depan, mesin MINI itu pun dirinya sematkan bukan di bagian kap mesin melainkan di belakang jok pengemudi.
Dengan begitu, MINI yang aslinya bermesin depan kini menganut spesifikasi mesin tengah atau mid engine. Tentu saja, akibat penempatan mesin di bagian dalam, membuat panas dan kebisingan suara mesin jadi sangat jelas terdengar.
Tampil Beda, MINI Ini Dijejali Mesin Kawasaki Ninja (569462)
searchPerbesar
MINI Rover Ninja. Foto: dok. Motopinas
Lalu soal urusan sistem transmisinya, MINI Rover ini tetap mengandalkan sistem transmisi milik Kawasaki Ninja, yakni sequential dengan sistem penggerak roda belakang dan rem tangan hidrolik.
ADVERTISEMENT
Selain tetap menggunakan sistem transmisi milik Kawasaki Ninja, MINI Rover ini juga masih mengusung layar instrumen milik Ninja sebagai penunjuk berbagai informasi kondisi mobil.
Tampil Beda, MINI Ini Dijejali Mesin Kawasaki Ninja (569463)
searchPerbesar
MINI Rover Ninja. Foto: dok. Motopinas

Ubahan tampilan pada MINI Rover Ninja

Ubahan lainnya yang dilakukan pada MINI Rover ini, yakni pada bagian eksteriornya yang dibuat lebih lebar dengan penggunaan body kit ala 'RocketBunny'.
Terlihat, Adam membenamkan velg berukuran lebar dengan fender yang menongol keluar. Tersemat juga spoiler besar di bagian belakang yang berfungsi memberikan keseimbangan lebih baik saat mobil sedang menikung.
Tampil Beda, MINI Ini Dijejali Mesin Kawasaki Ninja (569464)
searchPerbesar
MINI Rover Ninja. Foto: dok. Motopinas
Sementara untuk detail lain dari eksterior dan interior mobil ini tetap dipertahankan oleh Adam.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)