kumparan
21 Juni 2017 10:49

Tips Berkendara Aman saat Hujan Deras di Tol Brebes-Weleri

Video
Pemudik yang memutuskan menggunakan jalan tol fungsional Brebes Timur-Pemalang-Batang-Weleri diminta esktra hati-hati. Jalanan yang sempit dan bergelombang dengan banyak tanjakan dan turunan yang ekstrim serta adanya pasir pada permukaan jalan menuntut pengendara berkonsenterasi penuh.
ADVERTISEMENT
Saat jalanan kering, debu akan berterbangan dan mengganggu visibilitas. Bila salah penanganan dan nekat melaju dengan kecepatan di atas 40 km per jam, ban bisa saja selip karena pasir.
"Pasir bisa menurunkan kemampuan pengereman mobil. Makanya antisipasi dengan jaga jarak dan kecepatan," kata Jusri Pulubuhu, Instruktur Utama Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada kumparan (kumparan.com).
Dia melanjutkan, pengendara juga perlu mewaspadai ketika terjadi hujan deras di jalan tol fungsional. Sebab, jalan akan menjadi licin lantaran tanah yang ada di permukaan jalan.
Tol fungsional Brebes Timur- Pemalang- Weleri
Tol fungsional Brebes Timur- Pemalang- Weleri (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Sehingga, pengendara sangat disarankan untuk menjaga jarak dan kecepatan kendaraan. Bila secara fisik tidak fit dan konsenterasi kurang, lebih baik menepi di rest area terdekat untuk istirahat.
Tol fungsional Brebes Timur- Pemalang- Weleri
Tol fungsional Brebes Timur- Pemalang- Weleri (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
ADVERTISEMENT
Sementara itu, sebelum berangkat, jangan lupa memastikan mesin kendaraan dalam kondisi prima, karet wiper belum getas dan sapuannya masih bagus, serta perhatikan alur ban dan tekanan anginnya.
Sebagaimana diketahui, jalan tol fungsional yang menghubungkan Brebes Timur-Pemalang-Batang-Weleri masih dalam proses pembangunan. Jalan tol ini sengaja dibuka untuk mencegah terjadinya kemacetan saat mudik lebaran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan