Otomotif
·
1 April 2021 16:53

Tol JORR II Baru Diresmikan Jokowi, Ingat Tips Ini Saat Melaluinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tol JORR II Baru Diresmikan Jokowi, Ingat Tips Ini Saat Melaluinya (444063)
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol JORR II, Kamis (1/4). Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden
Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran yang masuk jaringan Tol JORR II, sudah bisa digunakan, setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (1/4).
ADVERTISEMENT
Struktur jaringan jalan JORR II ini akan membantu dan memperlancar mobilitas masyarakat, khususnya saat menuju Bandara Soekarno-Hatta.
"Ini juga menjadi alternatif lain dari Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," kata Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja.
Nah namun, para pengemudi mobil perlu ingat, meski ini mempermudah akses, jangan lantas sembarangan saat melaluinya. Ada aturan dan tips supaya aman saat menggunakan jalan tol.
Tol JORR II Baru Diresmikan Jokowi, Ingat Tips Ini Saat Melaluinya (444064)
Ruas Tol JORR II ditargetkan beroperasi akhir 2020. Foto: Jasa Marga

1. Jaga Kecepatan

Berstatus sebagai tol baru, kondisi jalannya mungkin akan sedikit lengang. Jangan tergoda untuk memacu kecepatan. Patuhi batas kecepatan maksimum yang ada di setiap ruas tol.
Jusri Pulubuhu, Senior Instructor sekaligus founder Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) mengatakan, pada kondisi lengang, banyak kendaraan yang melaju di atas batas kecepatan maksimal jalan tol.
ADVERTISEMENT
"Tapi kalau kita taat aturan kecepatan, risiko tertabrak dan menjadi penyebab kecelakaan bisa diminimalisasi," katanya kepada kumparan.

2. Jaga Jarak

Terpenting selanjutnya adalah jaga jarak dan jangan tergoda untuk terlalu mepet dengan mobil yang ada di depan.
Bila tak jaga jarak, dikhawatirkan potensi-potensi rem mendadak yang bisa memicu tabrak belakang akan terjadi.
"Sebaiknya jaga jarak aman dengan kendaraan lain agar bisa mengantisipasi ancaman-ancaman yang tidak terprediksi," ucap Jusri.
Tol JORR II Baru Diresmikan Jokowi, Ingat Tips Ini Saat Melaluinya (444065)
Ilustrasi mengantuk saat berkendara. Foto: Thinkstock

3. Segera istirahat bila lelah

Bila gejala lelah dan mengantuk itu sudah mulai dirasakan, cara terbaik tentu adalah segera cari rest area dan beristirahat.Sebab, bila tetap nekat memaksakan untuk lanjut mengemudi dengan kondisi demikian, potensi microsleep pun bisa saja terjadi.
"Bila terasa letih perlu menyegarkan otak lagi dan badan pengemudi dengan cara beristirahat," terang Jusri.
ADVERTISEMENT

4. Jangan gunakan bahu jalan

Hal berikutnya yang patut diwaspadai oleh setiap pengemudi saat menyetir di tol, yakni jangan mudah terpancing untuk menggunakan bahu jalan.
Seringkali, lanjut Jusri, pengemudi merasa tidak sabar apabila melihat ada kendaraan yang melaju pelan. Pengemudi pun nekat memanfaatkan bahu jalan untuk menyalip.
Tol JORR II Baru Diresmikan Jokowi, Ingat Tips Ini Saat Melaluinya (444066)
Ilustrasi jalan tol. Foto: Yulius Satria Wijaya/ANTARA FOTO
Cara itu jelas sangat berbahaya, sebab bisa saja di bahu jalan itu terdapat kendaraan lain yang sedang berhenti akibat kondisi darurat.

5. Jangan terlalu lambat di jalur kanan

Namun bila menggunakan jalur paling kanan, pastikan Anda memang sedang ingin mendahului dan tak memelankan kendaraan. Ini berpotensi menjadi penyebab kecelakaan tabrak belakang.
Atau, ya, siap-siap Anda diklakson keras oleh pengemudi mobil lain.

6. Periksa tekanan angin ban

Terakhir yang tak kalah penting namun sering terabaikan oleh para pengemudi, yakni memeriksa kondisi ban, khususnya tekanan angin.
ADVERTISEMENT
Bila berencana akan melalui jalan tol, tekanan angin sudah dalam kondisi ideal, sesuai yang direkomendasikan pabrikan. Bila tidak sesuai, bisa menyebabkan pecah ban dan memicu kecelakaan fatal.