kumparan
16 Jun 2018 12:33 WIB

Toyota Akan Produksi Massal Jet Darat Hibrida, GR Super Sport

GR Super Sport Concept (Foto: dok. Toyota)
Tidak puas dengan membawa kembali sportscar legendaris Supra, Toyota berencana untuk mengembangkan generasi terbaru jet darat mereka yang akan nantinya akan diproduksi secara massal.
ADVERTISEMENT
Mobil ini sendiri diberi nama GR Super Sport dan sebenarnya versi konsepnya sudah dipamerkan dalam gelaran Tokyo Auto Salon beberapa waktu lalu. Namun, kala itu mobil ini hanya disiapkan sebagai basis untuk mobil yang akan mereka terjunkan ke FIA World Endurance Championship (WEC).
Toyota GR Super Sport akan menjadi produk turunan dari mobil balap TS050 Hybrid LMP1. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 2.4-liter biturbo V6 yang dikombinasikan dengan Toyota Hybrid System – Racing (THS-R). Secara keseluruhan berdasar rilis resmi Toyota mobil ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 986 daya kuda (dk).
z0uiknmgpf2onacclt9ssux5qqbbfyobunxchw71fs683ackqn3lhkgymod1
Tidak sembarangan, pengembangan proyek sportscar generasi terbaru ini akan ditangani langsung oleh Toyota Gazoo Racing yang merupakan divisi khusus berisikan ahli dalam pengembangan mobil endurance racing. Jadi sederhananya Toyota akan menghadirkan mobil yang legal di jalan raya dengan mesin yang mampu menjajal sirikuti Le Mans.
ADVERTISEMENT
"Berkompetisi dalam WEC– salah satu kejuaran balap paling menantang– dan terlibat dalam balapan Le Mans membantu kami untuk meningkatkan pengembangan teknologi hibrida terdepan kami. Hal ini memungkinkan kami untuk mengaplikasikan ini pada mobil produksi massal kami," ujar Presiden Toyota Gazoo Racing Shigeki Tomoyama dalam rilis resmi Toyota.
Meski tidak menyebut secara pasti kapan waktu peluncuran sportscar generasi terbaru ini, Shigeki menyebutkan kalau dalam waktu dekat calon konsumen dapat menjajal langsung sportscar teranyar Toyota ini untuk merasakan sensasi berkendara kelas atas yang mereka janjikan.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan