OTOHITZ Modifikasi Toyota Corolla Wagon
5 Desember 2019 11:10

Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel

Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66586)
Tampilan belakang Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Eksistensi Toyota Corolla di Indonesia memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejak kehadirannya pada era 1970an, Corolla tidak hanya dicari untuk mobil harian saja, namun juga untuk para modifikator dan kolektor.
Salah satu modifikator dan juga kolektor tersebut, adalah Dede Rizki. Ya, pria yang menggemari otomotif sejak kecil ini, mungkin menjadi salah satu orang yang beruntung.
Bukan tanpa sebab, dirinya saat ini memiliki salah satu varian Toyota Corolla yang terbilang cukup langka, yaitu varian Touring atau Station Wagon.
November 2018 lalu menjadi awal Dede berkenalan dengan mobil tersebut. Kala itu, ia kepincut dengan desain Corolla Wagon yang menurutnya sangat cantik dan unik dibandingkan versi sedannya.
“Cantik sih nih mobil, asli gue suka banget sama ini mobil apalagi pas lihat belakangnya. Biasanya kan mobil Wagon itu suka ada yang aneh bentuknya, tapi menurut gue khusus untuk Corolla Wagon ini cantik banget,” ujar Dede Rizki saat ditemui kumparan di kawasan Pondok Indah beberapa waktu lalu.
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66587)
Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Alasan lain Dede memilih mobil tersebut adalah menyoal kenyamanannya. Menurut Dede, Corolla Wagon tetap memberikan kenyamanan khas mobil sedan meskipun bodinya menyerupai sebuah MPV.
“Gue sih jujur dari dulu sebenarnya memang suka mobil sedan. Tapi di satu sisi gue butuh mobil yang muat banyak terutama bagasi. Nah pas gue lihat mobil ini tuh, wah menarik nih sesuai dengan kebutuhan gue dan langka pula,” jelas Dede.
Untuk mendapatkan Corolla Wagon tersebut, Dede terpaksa rela menukar mobil lamanya yaitu Toyota RAV4 Short Wheel Base (SWB). Setelah berhasil memboyong Corolla Wagon tersebut, berbagai modifikasi pun dilakukan oleh Dede.
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66588)
Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Modifikasi pertama yang Dede lakukan, yaitu mengganti suspensi bawaan sebelumnya dengan Coilover merek ISC. Tidak lupa, Dede juga turut merapikan sektor kaki-kaki dari mobil tersebut.
Selanjutnya, velg lama dari mobil tersebut pun dirinya ganti dengan Volk Rays TE37 berkelir putih. Terakhir, Dede juga mengganti knalpot bawaannya, dengan knalpot keluaran TRD.
Sementara untuk body kit dan juga sunroof yang terpasang, semuanya merupakan opsional dan bawaan dari pemilik sebelumnya.
“Jadi untuk sunroof dan body kit-nya ini opsional pakai BZ Touring. Kalau aslinya kan Corolla Wagon standar, cuma sudah di upgrade lah ke BZ Touring,” papar Dede.
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66589)
Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Memiliki Corolla Wagon ini bagi Dede sangatlah menguntungkan. Selain langka, perawatannya yang mudah dan murah membuat dirinya semakin mencintai mobil ini.
Menyoal perawatannya, menurut Dede tidak ada perbedaan yang signifikan antara varian Wagon dengan varian sedannya.
“Perawatannya sih enak banget ya, selama ini gue cuma ganti oli aja. Sama sedannya dia juga enggak ada perbedaan banget sih,” beber Dede.
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66590)
Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Sejumlah rencana pun sudah masuk dalam daftar wish list Dede, seperti mengganti velg yang saat ini digunakan dengan velg bernuansa Bronze dan mengganti mesin standarnya dengan mesin 4A-GE Black Top.
Bagi Dede, mobil Corolla Wagon memang memiliki keistimewaan tersendiri. Bentuknya yang cantik, kenyamanan khas sedan, serta perawatan yang mudah, membuat dirinya ingin menikmati mobil tersebut setiap saat.
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66591)
Interior Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66592)
Mesin Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66593)
Interior Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66594)
Sunroof Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66595)
Layar Instrumen Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66596)
Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66597)
Interior Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66598)
Interior Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66599)
Strutbar pada Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal
Toyota Corolla Wagon: Cantik dan Fleksibel (66600)
Toyota Corolla Wagon Foto: Muhammad Ikbal