Otomotif
·
4 Desember 2020 10:10

Toyota GR Yaris Resmi Dijual di Thailand, Indonesia Kapan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Toyota GR Yaris Resmi Dijual di Thailand, Indonesia Kapan? (11124)
searchPerbesar
Toyota Thailand membuka pre-booking untuk GR Yaris. Foto: Paultan
Memanfaatkan gelaran Thailand International Motor Expo pada 2-13 Desember 2020, Toyota Motor Thailand menampilkan 'Hot Hatch' gaharnya GR Yaris. Menariknya, mobil ini juga sudah bisa dipesan dan akan distribusikan ke konsumen pada 2021.
ADVERTISEMENT
Mengutip Paultan, Toyota GR Yaris ditawarkan dengan banderol 2,7 juta baht atau setara Rp 1,269 miliar. Secara harga, bisa dibilang fantastis. Namun perlu diingat mobil ini merupakan hasil karya Gazoo Racing, tim Toyota di World Racing (WRC), tentu spesifikasi yang ditawarkan tidak main-main.
Toyota GR Yaris Resmi Dijual di Thailand, Indonesia Kapan? (11125)
searchPerbesar
Toyota GR Yaris. Foto: Istimewa
Di negeri Gajah Putih, Toyota GR Yaris ditawarkan dalam 3 opsi warna berbeda Pertama ada Super White II, Emotional Red II, dan Precious Black.
Selain tampilan yang jadi nilai jual, daya tarik utamanya tentu pada racikan mesin di bawah kap. Untuk pasar Thailand GR Yaris dibenamkan mesin berkode G16E-GTS 3 silinder DOHC 1.6 liter Turbocharged. Tenaganya diklaim mencapai 261 dk dengan torsi puncak sebesar 360 Nm.
Toyota GR Yaris Resmi Dijual di Thailand, Indonesia Kapan? (11126)
searchPerbesar
Toyota GR Yaris 2020 Foto: dok. CarBuzz
Output mesin itu disalurkan lewat transmisi 6-percepatan berteknologi iMT (Intelligent Manual Transmission) dan sistem GR-Four AWD (all wheel drive).
ADVERTISEMENT
Sistem penggerak ini juga diklaim oleh pabrikan jauh lebih unggul dan ringan dibanding sistem penggerak all wheel drive lainnya. Sementara untuk mengimbangi performanya yang badak, mobil ini dibekali dengan dengan kaliper rem cakram 4 piston berukuran 356mm di depan dan 294 mm 2 piston di roda belakang.
Toyota GR Yaris Resmi Dijual di Thailand, Indonesia Kapan? (11127)
searchPerbesar
Toyota GR Yaris 2020 Foto: dok. CarBuzz
Toyota GR Yaris sendiri dilengkapi central transfer case dengan kopling ganda yang dikontrol secara elektrik. Sistem itu membagi torsi 60:40 dari depan ke belakang dalam mode Normal, 30:70 dalam mode Sport dan 50:50 dalam mode Track.
Spesifikasi dari GR Yaris ini memang hampir identik sebuah mobil balap. Hal itu tak lepas dari campur tangan tim WRC Toyota di ajang balap reli bergengsi tersebut.
ADVERTISEMENT
Bahkan hatchback buas ini diklaim mampu menuntaskan 0-100 kilometer dalam catatan waktu 5,5 detik saja. Sementara untuk kecepatan puncak mampu tembus 230 km/jam.

Kapan meluncur ke Indonesia?

Toyota GR Yaris Resmi Dijual di Thailand, Indonesia Kapan? (11128)
searchPerbesar
Toyota GR Yaris. Foto: Istimewa
Setelah Thailand, kabarnya Malaysia juga akan kedapatan untuk memasarkan mobil ini. Lantas pertanyaannya, kapan Toyota Indonesia menjual resmi GR Yaris?
Saat dihubungi kumparan, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan, bahwa pihaknya juga sedang mempelajari pasar. Sayang, saat ditanya lebih lanjut soal kehadiran mobil ini di Indonesia, dia enggan berkomentar banyak.
"Saya belum bisa komentar ya untuk future model. Memang ada masukan dan permintaan untuk GR Yaris. Kami pasti consider dan pelajari itu," kata Anton, Kamis (3/12).
Toyota GR Yaris Resmi Dijual di Thailand, Indonesia Kapan? (11129)
searchPerbesar
Toyota GR GR Yaris. Foto: Paultan
Sebelumnya, Anton sempat mengatakan bahwa market untuk GR Yaris kemungkinan tidak lah besar, alasannya karena status unit GR Yaris sebagai hatchback buas yang memiliki spesifikasi tinggi. Maka dari itu, dia tak ingin gegabah menyoal kehadiran GR Yaris di Indonesia, dan terus mempelajari apakah mobil ini bisa akan benar-benar diterima oleh konsumen domestik.
ADVERTISEMENT
"Saya pribadi juga tertarik, ya, dengan mobil ini, dan konsumen juga banyak yang tertarik. Tapi saat ini kami akan pelajari dulu kemungkinannya masuk ke Indonesia. Jadi, saya belum bisa mengatakan apa-apa sebelum diputuskan," pungkas dia.
Bagaimana, apakah Anda salah satu yang menantikan mobil ini mengaspal di Indonesia? Sampaikan komentarmu!