Otomotif
·
19 November 2020 11:09

Toyota Jawab soal Kemungkinan Avanza Disuntik Teknologi Hybrid

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Toyota Jawab soal Kemungkinan Avanza Disuntik Teknologi Hybrid (49810)
Toyota Avanza Veloz Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Toyota memiliki beragam jenis mobil listrik yang dihadirkan untuk pasar Indonesia. Saat ini mereka sangat percaya diri meniagakan mobil listrik dengan sistem hybrid.
ADVERTISEMENT
Setidaknya dari laman resmi milik mereka, Toyota menghadirkan 4 jenis mobil hybrid. Mulai dari Toyota C-HR, Corolla Altis, Camry, sampai yang terbaru adalah Corolla Cross Hybrid.
Harga yang paling kompetitif adalah Corolla Cross Hybrid, SUV ini dibanderol Toyota dengan harga Rp 497,8 juta OTR Jakarta.
Toyota Jawab soal Kemungkinan Avanza Disuntik Teknologi Hybrid (49811)
Toyota Corolla Cross. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Dari pengujian yang dilakukan oleh kumparan terhadap mobil ini. Efisiensi bahan bakar mencatatkan angka di atas 30 km/liter di MID. Sementara pengetesan secara full to full di angka 28 km/liter.
Pertanyaannya, mungkinkah Toyota akan mengambil basis dari mobil yang lebih umum. Misalnya Avanza yang secara dimensi dan bobot jauh lebih ringan. Bobot ini tentu jadi salah satu dasar yang menentukan efisiensi sebuah kendaraan listrik.
Toyota Jawab soal Kemungkinan Avanza Disuntik Teknologi Hybrid (49812)
New Toyota Avanza tipe G. Foto: dok. Toyota
Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmy Suwandi mengatakan untuk menjadikan Avanza sebagai mobil hybrid bukan hal yang tidak mungkin bagi Toyota. Namun perlu studi lebih lanjut terkait pasar dan juga produknya,
ADVERTISEMENT
"Tentu kami terus menstudi semua kemungkinan ya, termasuk produk apa saja yang cocok dan segmennya sudah siap. Jadi bisa saja kendaraan elektrifikasi di Toyota semakin expand, sama halnya dulu HEV hanya di segmen premium, sekarang sudah mulai masuk ke segmen medium," kata Anton saat dihubungi kumparan, Rabu (18/11).
Toyota Jawab soal Kemungkinan Avanza Disuntik Teknologi Hybrid (49813)
Toyota Avanza di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Selain kemungkinan efisiensi bahan bakar yang lebih baik lagi. Soal harga tentunya bisa makin lebih kompetitif. Bisa jadi, Toyota punya produk hybrid di bawah Rp 300 juta yang bisa lebih dijangkau oleh konsumen.
"Sebenarnya ini yang kami lakukan dari 10 tahun yang lalu, step by step teknologi HEV juga masuk ke segmen medium. Dari awalnya di Camry, sekarang juga terdapat di Corolla Cross dengan harga yang semakin kompetitif," katanya.
ADVERTISEMENT
Kemungkinan Toyota menghadirkan mobil hybrid di bawah Rp 300 juta pun tak dibantah oleh Anton. "Jadi bisa saja nanti kedepannya harga kendaraan HEV makin kompetitif lagi," kata dia.