Otomotif14 September 2020 11:04

Toyota Yaris GR Akan Dijual di Indonesia?

Konten Redaksi kumparan
Toyota Yaris GR Akan Dijual di Indonesia? (312169)
Toyota GR Yaris 2020 Foto: dok. CarBuzz
Toyota Yaris GR nampaknya menjadi salah satu hatchback buas yang cukup dinantikan kehadirannya di tahun 2020 ini.
ADVERTISEMENT
Menjelang peluncuran virtualnya di Jepang pada 16 September 2020 mendatang, berbagai pecinta Toyota di seluruh dunia pun mulai bertanya-tanya terkait kemungkinan hadirnya Yaris GR di negara mereka. Tak terkecuali di Indonesia.
Ya, banyaknya pecinta dan pengguna Toyota di tanah air yang tertarik pada Yaris GR, juga diamini oleh Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
"Memang sudah ada beberapa pertanyaan atau permintaan dari diler dan konsumen, khususnya yang punya latar belakang penggemar mobil sport atau mobil balap terkait kapan Yaris GR masuk ke Indonesia," jelas Anton saat virtual media conference peluncuran Toyota Yaris facelift Selasa (8/8).
Toyota Yaris GR Akan Dijual di Indonesia? (312170)
Toyota GR Yaris 2020 Foto: dok. CarBuzz
Meskipun sudah cukup banyak pertanyaan atau permintaan kehadiran Yaris GR di Indonesia, Anton mengaku tak ingin gegabah. Sebab, status Yaris GR sebagai hatchback buas yang memiliki spesifikasi performa tinggi, membuat pasarnya tidaklah besar.
ADVERTISEMENT
"Yaris GR ini kan didesain mengikuti WRC (World Rally Championship), jadi untuk produksi massalnya juga akan menggunakan spesifikasi mesin, transmisi, rem, dan suspensi yang mirip atau mendekati spek WRC," terang Anton.
Toyota Yaris GR Akan Dijual di Indonesia? (312171)
Toyota GR Yaris 2020 Foto: dok. CarBuzz
Karena itu, dengan pasarnya yang belum tentu besar, Anton mengaku ingin mempelajari terlebih dahulu berbagai kemungkinan tersebut. Sehingga, dirinya belum mau berspekulasi mengenai kemungkinan atau kapan masuknya Yaris GR tersebut ke Indonesia.
Saya pribadi juga tertarik ya dengan mobil ini, dan konsumen juga banyak yang tertarik. Tapi saat ini kami akan pelajari dulu kemungkinannya masuk ke Indonesia. Jadi, saya belum bisa mengatakan apa-apa sebelum diputuskan,"ucap Anton.
Toyota Yaris GR Akan Dijual di Indonesia? (312172)
Toyota GR Yaris 2020 Foto: dok. CarBuzz

Spesifikasi Toyota Yaris GR

Berstatus hatchback buas, Toyota Yaris GR dibekali dengan mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1.6 liter turbocharger. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 257 dk dengan torsi puncak 360 Nm.
Toyota Yaris GR Akan Dijual di Indonesia? (312173)
Toyota GR Yaris 2020 Foto: dok. CarBuzz
Tenaga dan torsi besar tersebut selanjutnya disalurkan ke sistem penggerak semua roda melalui transmisi manual 6 percepatan. Selain dibekali tenaga dan torsi buas, mobil yang dibangun oleh Toyota bersama Gazoo Racing dan Tomi Makkinen Racing (TMR) ini juga dibekali dengan suspensi coilover dan kaliper rem cakram empat piston berukuran 356 mm.
ADVERTISEMENT
Untuk melesat dari diam hingga 100 km/jam, Toyota Yaris GR hanya memerlukan waktu 5,5 detik saja. Kemampuan itu tidak terlepas dari perpaduan tenaga buas dan bodi yang sangat ringan, yakni hanya 1,28 ton saja.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)