Otomotif
·
18 September 2019 19:39

Waspada Karet Tutup Tangki Bensin Rusak, Ingat Fungsi Pentingnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Waspada Karet Tutup Tangki Bensin Rusak, Ingat Fungsi Pentingnya (24173)
Ilustrasi tangki bahan bakar pada motor Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Karet atau seal tutup tangki bensin rupanya jadi salah satu komponen penting di motor. Bentuknya cincin pipih berwarna hitam, dan letaknya persis berada di bawah tutup tangki yang posisinya tidak menempel.
ADVERTISEMENT
Tidak menempel, supaya seal bisa bergerak bebas menyumbat tutup tangki supaya bensin tidak merembes keluar saat laju motor berguncang. Atau saat cuci motor, seal berguna biar air tidak masuk ke dalam tangki.
Waspada Karet Tutup Tangki Bensin Rusak, Ingat Fungsi Pentingnya (24174)
Tangki BBM motor matik Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Hanya saja seperti karet kebanyakan, seal tutup tangki juga dapat rusak seiring pemakaian dan umur. Lama-lama tingkat kelenturan karet berkurang sehingga menjadi getas. Dari getas ini lah karet mudah sekali sobek dan putus.
Apabila seal sudah putus, maka bensin bakal merembes keluar tangki. Tak cuma itu, kalau mulut tangki posisinya sejajar dengan body, maka bukan tidak mungkin kalau tingkat kerusakan seal parah, bensin bisa mengenai permukaan body yang akibatnya merusak cat dasar.
Waspada Karet Tutup Tangki Bensin Rusak, Ingat Fungsi Pentingnya (24175)
Tangki BBM pada motor sport Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Perilaku buruk saat menutup tangki bensin juga ditengarai bikin seal cepat rusak. Karena umumnya setelah isi bensin, pemilik motor asal tutup mulut tangki tanpa tahu posisi seal-nya itu.
ADVERTISEMENT
"Biasanya pemilik motor main tutup aja, enggak dilihat posisi karetnya sudah sejajar belum. Kalau belum kan bisa saja ada bagian yang terjepitnya paling kenceng, atau enggak miring meskipun rapet," jelas Toni, penggawa bengkel Sumber Rizki Motor yang buka praktiknya di Tangerang Selatan kepada kumparan, Rabu (18/9).
Waspada Karet Tutup Tangki Bensin Rusak, Ingat Fungsi Pentingnya (24176)
Ilustrasi tangki bahan bakar pada motor Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Saran Toni, ada baiknya tutup tangki secara perlahan. Apabila saat menutup putarannya serat atau tidak berputar sempurna, maka ulangi dari awal. Bisa jadi seal dalam keadaan miring, sehingga mengganggu mekanisme penguncian tutup tangki.
Adapun kalau menemui seal-nya rusak, segera ganti dengan yang baru biar bensin tidak terbuang percuma. Banderolnya pun cukup murah, mulai dari Rp 5 ribu dan bisa didapatkan di bengkel resmi.
ADVERTISEMENT
Soal pemasangan juga termasuk mudah, tinggal plug and play.