kumparan
search-gray
Otomotif28 Juli 2020 11:57

Wuling Hongguang X, Si SUV Baru yang Serba Kotak

Konten Redaksi kumparan
Wuling Hongguang X, Si SUV Baru yang Serba Kotak (618587)
Tampak depan Wuling Hongguang X Foto: dok. Autohome
Amunisi Wuling tak cuma sampai pada MPV anyar bernama Victory. Jenama Tiongkok ini bakal menggegerkan jagat otomotif dunia dengan kembali menghadirkan mobil baru.
ADVERTISEMENT
Wujudnya berupa SUV dengan desain serba mengotak. Namanya sudah terkuak, Wuling Hongguang X. Kenapa ada tambahan X di belakangnya? Supaya mencirikan perbedaan dari Hongguang reguler yang berupa MPV atau minibus.
Wuling Hongguang X, Si SUV Baru yang Serba Kotak (618588)
Wuling Hongguang X Foto: dok. Autohome
Model konsepnya pun sudah dipamerkan dalam pameran otomotif Chengdu Auto Show yang berlangsung 24 Juli sampai 2 Agustus 2020.
Siluet, tarikan garis, maupun lekukan bodinya jelas sekali mencirikan sebuah SUV futuristik, semua serba kotak. Nah menariknya ada beberapa kesamaan seperti Hongguang versi MPV, nanti kita bahas bersama.
Wuling Hongguang X, Si SUV Baru yang Serba Kotak (618589)
Tampak samping Wuling Hongguang X Foto: dok. Autohome
Secara keseluruhan si desainer mencoba ingin membuat SUV yang anti-mainstream. Lihat saja khusus pilar A dan D dibuat memiliki warna yang berbeda. Sementara pilar C dibuat seragam bodi mobil, alhasil menampakkan mobil yang ibarat punya potongan bak di belakangnya.
Wuling Hongguang X, Si SUV Baru yang Serba Kotak (618590)
Desain buritan Wuling Hongguang X Foto: dok. Autohome
Oke sejauh mata memandang dari depan bahasa desain Wuling yang disebut Interstellar Gheometry-nya jelas terlihat. Tapi yang satu ini dirombak ulang dengan lekuk bodi sampai guratan yang tegas, tidak mengurva.
ADVERTISEMENT
Lampu utamanya terdapat LED yang menampakkan huruf X. Housing lampunya itu mengapit grille dan di bawahnya dipasangkan underguard hitam yang tebal, demikian seperti mengutip Sohu.
Wuling Hongguang X, Si SUV Baru yang Serba Kotak (618591)
Desain lampu utama Wuling Hongguang X Foto: dok. Autohome
Kemudian dari samping selayaknya SUV pada umumnya, dia punya over fender yang bagusnya tidak terlalu tebal. Sementara atasnya ada semacam roof rail tapi tidak memanjang sampai buritan.
Tapi yang membuat mobil ini lagi-lagi mendobrak arus adalah desain pintu belakangnya model suicide. Ya mirip model bukaan pintu yang dipasangkan pada mobil-mobil Rolls Royce, yang mana letak engselnya di belakang.
Nah lanjut ke belakang, seperti dijelaskan di atas ada kesamaan seperti Hongguang reguler, yakni housing semua lampunya di bawah kaca bagasi. Tapi bedanya pada Hongguang X ini selain model lampu pada sisi samping, ada tambahan LED bar yang melintang.
Wuling Hongguang X, Si SUV Baru yang Serba Kotak (618592)
Desain Wuling Hongguang X Foto: dok. Autohome
Bagian bawahnya ada bumper yang sedikit menjorok keluar. Sayangnya dengan paduan ini membuat tampilan belakangnya terlalu neko-neko, jadinya kurang sedap dipandang.
ADVERTISEMENT

Belum ada spesifikasi lengkap Wuling Hongguang X

Wuling Hongguang X, Si SUV Baru yang Serba Kotak (618593)
Desain buritan Wuling Hongguang X Foto: dok. Autohome
Selebihnya belum ada bocoran lanjutan mengenai interior maupun spesifikasi jantung mekanis Wuling Hongguang X ini. Bagaimana menurut Anda, yes or no?
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white