kumparan
29 Januari 2018 13:46

Yamaha Lexi Bakal Jadi Primadona Ojek Online

Yamaha Lexi
Yamaha Lexi (Foto: Alfons Yoshio)
Yamaha kembali menghadirkan produk terbaru untuk jajaran skutik bongsornya. Adalah Yamaha Lexi yang diperkenalkan menjadi anggota keluarga terbaru Maxi Yamaha pada Jumat (26/1) lalu.
ADVERTISEMENT
Bicara tentang Maxi Yamaha biasanya kita akan langsung teringat dengan Yamaha NMax, produk pertama dan terlaris dari sub-brand ini. Lalu di mana Yamaha Lexi akan mengambil bagian dalam struktur Maxi Series ini?
Dijanjikan akan dibanderol dengan harga di bawah Rp 20 juta dengan mengusung mesin 125 cc, 'Sexy Lexi' akan menjadi model entry level alias model paling murah bagi rangkaian Maxi Series.
Bicara soal target pasar, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti, menggolongkannya menjadi tiga.
Yang pertama Yamaha menyasar bagi konsumen yang sebelumnya sudah memiliki sepeda motor dan ingin 'naik level' untuk memiliki sepeda motor Maxi Series, Yamaha Lexi dapat hadir menjadi batu pijakan untuk mencoba performa seri keluarga skutik bongsor ini.
Yamaha Lexi
Yamaha Lexi (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Yang kedua, Yamaha Lexi ingin menyasar kepada wanita yang sudah manjajal NMax namun memiliki masalah dengan ukurannya yang besar.
ADVERTISEMENT
"Kalau kita lihat ibu-ibu pake Nmax itu ada banyak, jadi wanita juga pake NMax. Nah, Lexi ini juga kita pikirkan untuk cc yang lebih kecil dengan (kemampuan) akselerasi sama jadi kita harus membuat motor yang lebih ringan dibanding Nmax agar mudah dikendarai juga oleh wanita," sebut Dyon.
Lalu yang terakhir Yamaha Lexi juga diharapkan dapat menjadi armada bagi ojek online, "kami memikirkan suatu yang khusus, ternyata di Indonesia ini taxi driver motor itu sangat besar sekali jumlahnya, sudah jutaan jumlahnya dan ternyata belum ada motor yang memikirkan dari sisi desain ke sana," jelas Dyon.
Yamaha Lexi
Yamaha Lexi (Foto: Alfons Yoshio)
Lalu apa yang ditawarkan Yamaha Lexi bagi para driver ojek online?
"Ukurannya luas sekali, jadi untuk membawa barang belanjaan (tetap nyaman), selain itu untuk posisi riding, motor ini punya seat yang lebih panjang, jadi kalau membawa penumpang ada sedikit space yang lebih antara pengendara dan penumpang. Dengan seat yang lebih panjang motor ini cocok karena bisa memberi kenyamanan dari sisi penumpang dan juga tersedia juga power outlet untuk charger tentunya," jawab Dyon.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, kemudian muncul kekhawatiran kalau image Yamaha Lexi akan turun. Menanggapi hal ini, Deputy General Manager Marketing YIMM, Eddy Ang, angkat bicara.
"Di satu sisi iya, tapi memang enggak tertutup kemungkinan, pasarnya kan besar."
Ojek Online
Ojek Online (Foto: Ojek Online)
Dia juga kemudian menambahkan tidak ada masalah dengan image ojek online.
"Jangan salah, ojek online atau tukang ojek pada umumnya, mereka itu pengetahuan tentang motor cukup oke," sebut Eddy saat ditemui di acara peluncuran Yamaha Lexi, Jumat (26/1).
"Karena mereka selalu ada komunitas sendiri, jadi kalau mereka memilih sepeda motor biasa referensi mereka selalu bagus, pengalaman mereka naik motor kan sehari-hari," jelas Eddy lagi.
Jadi kalau di pertengahan tahun nanti kamu mulai banyak melihat Yamaha Lexi sebagai armada ojek online jangan heran ya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan