Otomotif
·
3 Oktober 2020 11:14

Yamaha RX-King Orisinil Harganya Fantastis, Ini Tipsnya Supaya Tak Salah Beli

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Yamaha RX-King Orisinil Harganya Fantastis, Ini Tipsnya Supaya Tak Salah Beli (535401)
Yamaha RX King Limited Edition identik dengan warna gold Foto: dok. Istimewa
Meski sudah disuntik mati alias stop produksi lebih dari satu dasawarsa, Yamaha RX-King masih banyak diburu oleh para peminatnya. Umumnya para pemburu motor 2-tak ini mencari sebagai koleksi atau bahkan menjadikan tunggangan harian.
ADVERTISEMENT
Karena usianya yang sudah cukup tua, perlu kejelian ekstra ketika memutuskan untuk membelinya. Jika terburu-buru bukan tak mungkin Anda mendapatkan unit yang tak sesuai harapan.
Yamaha RX-King Orisinil Harganya Fantastis, Ini Tipsnya Supaya Tak Salah Beli (535402)
RX-King Special Edition NOS Foto: dok. Arif King Priok
Menurut Ahmad Arif, spesialis penjual Yamaha RX-King dari Arif King Priok mengatakan, bagi yang berminat membeli motor dua langkah ini hal yang paling penting adalah sisi orisinalitas motor.
"Karena ini motor tua pertama kali harus pastikan semua komponen orisinil. Semakin orisinil memang harganya semakin mahal," ungkap Arif saat dihubungi kumparan belum lama ini.
Alasan mengapa sisi orisinalitas menjadi penting lantaran sparepart dari RX-King kini mulai langka di pasaran dan harganya semakin mahal. Apalagi jika mencari suku cadang dengan kondisi baru atau new old stock (NOS).
ADVERTISEMENT
"Perhatikan semua, karena ada beberapa penjual bilang part baru tapi itu rekondisi. Atau ada part lain beda tipe dipasangkan ke motor itu," katanya.

Tanyakan kondisi motor

Yamaha RX-King Orisinil Harganya Fantastis, Ini Tipsnya Supaya Tak Salah Beli (535403)
Yamaha RX-King Foto: Istimewa
Harga motor RX-King bervariasi, tentunya banderol tersebut diukur berdasarkan tipe motor dan kondisinya.
Kondisi motor yang dimaksud Arif adalah apakah dia NOS, low km, dan restorasi. Musababnya ketiga parameter itu menentukan harga jual RX-King.
"Berbeda, kalau NOS dia barang baru tapi stok lama, jadi belum pernah dipakai. Low km motornya punya kilometer rendah. Sementara untuk restorasi adalah menganti part lama dengan part baru." ungkapnya.

Sektor mesin

Yamaha RX-King Orisinil Harganya Fantastis, Ini Tipsnya Supaya Tak Salah Beli (535404)
Ilustrasi sparepart blok mesin Yamaha RX-King Foto: Istimewa
Kemudian yang tak kalah penting adalah sektor jantung mekanis. Hal yang pertama kali dilihat adalah kondisi blok mesin. Pastikan blok mesin RX-King yang Anda incar sesuai dengan kode masing-masing produksi.
ADVERTISEMENT
Arif menjelaskan, pada umumnya blok mesin Yamaha RX-King terbagi menjadi 2 kode. Pertama kode Y dan YP. Untuk blok mesin kode Y juga bervariasi ada Y-1, Y2, Y-3, dan Y-4.
"Semakin blok mesinnya punya oversize (OS) kecil lebih bagus. Selebihnya sih dengar suaranya terus coba test ride, dan lihat apakah ada kebocoran atau rembesan," paparnya.

Kelengkapan surat

Yamaha RX-King Orisinil Harganya Fantastis, Ini Tipsnya Supaya Tak Salah Beli (535405)
Ilustrasi BPKB mobil halaman pertama terdapat hologram. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
Yang terakhir dan tak kalah penting adalah kelengkapan surat. Meski tampilannya mulus dan orisinil namun jika tak memiliki STNK dan BPKB sudah pastikan harganya akan terjun.
"Iya ini juga penting, jaga-jaga juga karena sekarang RX-King meleng sedikit pasti hilang," jelas Arif.
Sebagai informasi harga bekas RX-King terpantau terus meroket. Bahkan beberapa waktu lalu Arif pernah penjual RX-King Special Edition dengan banderol Rp 150 juta.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)