Tekno & Sains15 September 2020 8:17

11 Spesies Ikan Ini Diduga Bisa Berjalan di Darat, Begini Caranya

Konten Redaksi kumparan
11 Spesies Ikan Ini Diduga Bisa Berjalan di Darat, Begini Caranya (1081253)
Ikan malaikat gua, Cryptotora thamicola. Foto: Zachary Randall/Florida Museum
Sekelompok ilmuwan berhasil mengidentifikasi 11 spesies ikan yang diduga mampu berjalan di darat. Kemampuan ini disebutnya sebagai hasil evolusi hewan untuk bertahan hidup.
ADVERTISEMENT
Dalam risetnya, tim peneliti dari Florida Museum of Natural History, New Jersey Institute of Technology, Louisiana State University, and Maejo University di Thailand menganalisis struktur tulang dari 30 spesies ikan loach. 11 di antaranya ditemukan dapat berjalan saat hidup di habitatnya, salah satu spesiesnya adalah ikan gua pemanjat air terjun yang bernama latin Cryptotora thamicola.
Ikan-ikan dengan kemampuan unik ini diketahui memiliki kemampuan terra firma. Kemampuan tersebut membuat mereka mampu mengabaikan kesulitan bernapas ketika keluar dari air.
11 Spesies Ikan Ini Diduga Bisa Berjalan di Darat, Begini Caranya (1081254)
Ikan malaikat gua, Cryptotora thamicola. Foto: Zachary Randall/Florida Museum
Kemampuan tersebut diperoleh karena ikan tersebut memiliki pelvic girdle pada tubuhnya. Bagian itu menghubungkan tulang belakang dengan sirip pada bagian pelvis atau perut si hewan. Peneliti kemudian mencari ikan-ikan dengan struktur tulang yang sama.
ADVERTISEMENT
“Ikan tidak biasanya memiliki sambungan antara tulang belakang dengan sirip bagian pelvisnya,” ujar ahli biologi dari Florida Museum of Natural History, Zachary Randall, dalam pernyataan resmi di situs resmi museum.
Cryptotora thamicola yang juga umum disebut ikan malaikat gua (cave angel fish) ini menggunakan tulang rusuknya yang membesar, serta otot-ototnya untuk dapat berjalan menggunakan siripnya. Cara berjalannya itu disebut mirip dengan cara salamander berjalan.
11 Spesies Ikan Ini Diduga Bisa Berjalan di Darat, Begini Caranya (1081255)
Ikan malaikat gua, Cryptotora thamicola. Foto: Zachary Randall/Florida Museum
Peneliti memperkirakan kemampuan unik ini adalah hasil evolusi hewan untuk bertahan hidup. Ikan loach beradaptasi untuk bisa hidup dalam aliran air sungai gua yang sangat deras.
Mereka dapat mencengkeram batuan sungai dan berpindah habitat, bahkan ke atas air terjun sekaligus. Mobilitasnya membantu ikan gua pemanjat air terjun untuk mencapai bagian aliran sungai yang kaya oksigen.
ADVERTISEMENT
Video
Tim peneliti kemudian menggunakan teknologi analisis DNA dan computed tomography (CT) Scan untuk meneliti ikan-ikan itu lebih jauh. Ditemukan bahwa kemampuan ini telah diturunkan kepada ikan pada keluarga yang sama secara genetik.
Ahli biologi saat ini tengah mengembangkan pohon keluarga yang lebih rinci dan akurat tentang ikan-ikan yang bisa berjalan di darat.
“Hasil (penelitian ini) berhasil mengembangkan pemahaman soal evolusi sebuah kejadian yang sangat tidak biasa, kemampuan seekor ikan berjalan di darat,” ujar ilmuwan lain, Lawrence Page.
(EDR)
***
Saksikan video menarik di bawah ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white