Tekno & Sains
·
9 Juni 2021 11:24
·
waktu baca 2 menit

7 Asteroid Melintas Dekat Bumi Pekan Ini, Apakah Berbahaya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Asteroid Melintas Dekat Bumi Pekan Ini, Apakah Berbahaya? (58678)
searchPerbesar
Ilustrasi asteroid melintas dekat Bumi. Foto: 470906 via pixabay.
Asteroid berstatus 'berpotensi berbahaya' dilaporkan melintas dekat Bumi pada pekan ini. Tak tanggung-tanggung, total ada tujuh asteroid yang diprediksi bakal terbang melewati planet kita hingga akhir pekan.
ADVERTISEMENT
2021 KT1 menjadi salah satu asteroid terbesar di antara benda luar angkasa tersebut. Meski ukurannya sekitar 182 meter, lebih besar dari Monumen Nasional (Monas), astronom berpendapat ukuran sesungguhnya dari asteroid ini kemungkinan mencapai 319 meter.
Asteroid 2021 KT1 diklasifikasikan oleh badan antariksa AS, NASA, sebagai 'objek berpotensi berbahaya' (potentially hazardous object). Sebab, benda luar angkasa ini berukuran lebih dari 149 meter dan melintas dalam jarak 7,4 juta kilometer dari Bumi.
Dengan status itu, apakah asteroid ini akan memberikan dampak berbahaya bagi planet kita?
"Ini hanya 'berpotensi berbahaya' dalam jangka panjang. Tidak memiliki peluang berdampak pada Bumi pekan ini, atau bahkan kapan pun dalam 2 abad mendatang," jelas Dr. Paul Chodas, peneliti sekaligus Direktur Center for Near Earth Object Studies di NASA, seperti dikutip CBS News. "Faktanya, kami telah menghitung pendekatan jarak dekat di masa depan untuk 200 tahun ke depan dan kami tahu bahwa (asteroid) itu tidak dapat berdampak pada Bumi dalam waktu tersebut, atau mungkin selamanya."
7 Asteroid Melintas Dekat Bumi Pekan Ini, Apakah Berbahaya? (58679)
searchPerbesar
ilustrasi asteroid. Foto: commons.wikimedia.org
Asteroid 2021 KT1 sendiri, menurut ahli astronomi Jet Propulsion Laboratory di NASA, melintas pada Selasa (8/6) dalam jarak 7,2 juta kilometer dari Bumi. Ia terbang dengan kecepatan 64 ribu kilometer per jam.
ADVERTISEMENT
Selain 2021 KT1, masih ada enam asteroid lainnya yang juga melewati Bumi pada minggu ini. Mereka memiliki ukuran lebih kecil dari asteroid 2021 KT1.
2021 KT2, misalnya, asteroid ini memiliki ukuran sekitar 7 meter. Lalu, ada 2018 LB berukuran 21 meter. Kedua asteroid juga melintas pada Selasa (8/6) dengan jarak dari Bumi masing-masing sekitar 291 ribu kilometer dan 1,1 juta kilometer.
Sementara asteroid 2021 JW6 yang berukuran sekitar 19 meter dan 2021 KE1 yang berukuran sekitar 16 meter melintas pada Rabu (9/6), dengan jarak dari Bumi masing-masing sekitar 3 juta kilometer dan 6,2 juta kilometer. Masih ada dua asteroid lainnya yang diperkirakan bakal melintas pada Kamis (10/6) dan Sabtu (12/6) mendatang.
ADVERTISEMENT
Peneliti NASA berpendapat tidak ada kemungkinan asteroid tersebut menabrak Bumi. "Tidak ada yang harus terlalu khawatir tentang dampak Bumi dari asteroid atau komet," katanya.
Chodas menambahkan, banyaknya asteroid yang melintas dekat Bumi adalah hal wajar. Ia bahkan berharap akan ada asteroid baru yang juga turut melewati Bumi selama minggu ini.