kumparan
search-gray
Tekno & Sains11 Maret 2020 7:32

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari agar Virus Tak Menyebar

Konten Redaksi kumparan
PTR- Tim medis Wuhan China virus corona pakaian hazmat
Petugas medis berpakaian hazma merawat pasien di salah satu rumah sakit di Wuhan, China. Foto: China Daily via REUTERS
Pencegahan jadi langkah paling tepat dilakukan saat wabah virus corona melanda. Pasalnya, belum ada obat untuk virus penyebab penyakit COVID-19 yang mewabah pertama kali di Wuhan, China, sementara vaksinnya masih dalam tahap pengembangan dan uji klinis.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, sudah ada 27 orang yang dinyatakan positif novel coronavirus. Tiga belas di antaranya kasus tergolong sebagai imported case atau diperoleh saat penderita bepergian ke luar negeri dan melakukan kontak dengan warga negara asing di luar Indonesia.
Sedikit catatan, virus tersebut menyebar ketika tetesan pernapasan dari orang yang terpapar masuk melalui hidung, mata, dan mulut orang sehat.
Ilustrasi tisu bekas
Ilustrasi tisu bekas. Foto: Shutter Stock
Berkenaan dengan masuknya virus corona di Indonesia, masyarakat disarankan untuk menerapkan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHSB) sebagai bagian dari langkah pencegahan. Atas rekomendasi WHO, anjuran mencuci tangan mulai digalakkan. Etika batuk dan bersin di muka umum mulai dipromosikan.
Kerumunan sebaiknya dihindari, kontak erat dengan orang yang sakit pun tidak diperbolehkan di saat situasi genting seperti ini. Di tengah upaya mencegah penularan virus SARS-CoV-2, masih ada saja kebiasaan buruk yang kerap dijumpai pada masyarakat kita sehingga memudahkan penyebaran virus.
ADVERTISEMENT
Apa saja kebiasaan buruk itu? Berikut beberapa kebiasaan buruk yang orang lain kerap abaikan sehingga penyebaran virus sangat mudah terjadi, seperti dilansir South China Morning Post.

1. Malas cuci tangan

Para ahli meyakini mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dengan langkah tepat merupakan cara termudah yang dapat dilakukan orang untuk menghentikan penyebaran penyakit.

2. Tidak menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin

perempuan, batuk, bersin
Ilustrasi etika bersin Foto: Shutterstock
Kebiasaan buruk lainnya adalah tidak menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin. Kalaupun ditutup dengan tangan, tangannya tidak dicuci lagi dengan sabun.

3. Mengupil atau memencet jerawat di depan umum

Sejumlah besar kuman hidup di dalam tubuh manusia dan mereka mudah sekali menyebar. Menyentuh sekresi tubuh dan kemudian mengoleskannya pada jari dan pada permukaan benda di tempat umum membantu kuman dan virus menyebar.
ADVERTISEMENT

4. Buang tisu bekas sembarangan

Beberapa orang meninggalkan bekas tisu mereka di dalam kereta, memasukkannya ke pegangan pintu taksi atau meninggalkannya di bus. Sebaiknya Anda jangan menjadi orang seperti itu. Buang tisu bekas ke tempat sampah, atau jika tidak ada tempat sampah di sekitar Anda, simpan dulu di dalam kantong lalu buang ketika sudah menemukan tempat sampah.

5. Meludah sembarangan

Jangan meludah di sembarang tempat, kecuali dalam kamar mandi dan jangan lupa untuk disiram. Sebab, air liur disebut bisa menularkan penyakit ketika menyentuh kulit.

6. Meninggalkan cairan tubuh di toilet

Tidak semua orang di dunia memiliki toilet. Meski punya toilet, belum tentu mereka bersedia menyiram kotoran yang ditinggalkan. Bahkan, budaya flush toilet tak bisa dijumpai di setiap negara.
ADVERTISEMENT
Apapun jenis kotoran di tubuh yang ada di toilet harus disiram untuk mencegah penularan virus, termasuk produk higienis wanita harus dibungkus dengan pembungkus atau kertas toilet dan dimasukkan ke tempat sampah yang disediakan.
Ilustrasi Toilet
Ilustrasi Toilet Foto: Shutter Stock

7. Tidak bersihkan ponsel Anda setiap hari.

Bersihkan ponsel Anda setiap hari untuk menghilangkan kotoran yang melekat di sana. Ponsel bisa menjadi media penularan virus ketika ia terkontaminasi. Misalnya, ketika virus atau bakteri menempel di tangan Anda, keduanya bisa bertransmisi ke ponsel saat Anda menggenggamnya. Padahal, dengan menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi seperti smartphone akan membuat virus dengan mudah menyebar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white