kumparan
7 April 2018 17:30

Arkeolog Temukan Kuil Langka di Situs Al-Salam Mesir

Kuil di situs Al-Salam.
Pintu masuk kuil langka di Al-Salam (Foto: Egypt Ministry of Antiquities)
Mesir merupakan negeri yang menjadi salah satu titik pertemuan berbagai peradaban dunia. Mulai dari Romawi, Mesir kuno, Yunani, Persia dan Arab pernah meninggalkan jejaknya di Mesir.
ADVERTISEMENT
Jadi, meski sangat langka, jangan kaget jika kamu sedang menjelajahi Mesir, kamu menemukan suatu kuil kuno di tengah gurunnya yang panas, seperti yang dialami para arkeolog di Mesir ini.
Dilansir Science Alert, para arkeolog tersebut berhasil menemukan suatu kuil langka peninggalan Yunani-Romawi di suatu situs bernama Al-Salam yang terletak di gurun Sahara di sebelah barat Mesir dan sekitar 300 kilometer dari Laut Mediterania.
Para ahli yang tengah melakukan penggalian lebih jauh menjelaskan bahwa kemungkinan besar akan ada banyak temuan tembikar, koin, patung, serta pilar-pilar kuno. Mereka sebelumnya telah berhasil menemukan dua patung singa yang terbuat dari batu kapur, namun salah satu patungnya tidak berkepala.
Patung di Kuil langka situs Al-Salam.
Patung singa di Kuil langka situs Al-Salam. (Foto: Egypt Ministry of Antiquities)
"Yang luar biasa dari penemuan ini adalah tidak tiap harinya Anda mendengar tentang penemuan kuil di Mesir," ujar Sarah Parcak, ahli arkeologi AS yang tidak terlibat dalam misi arkeologi penemuan kuil kuno tersebut. "Dengan ini kita bisa mempelajari lebih banyak lagi mengenai Oasis Siwa," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Oasis Siwa adalah salah satu pemukiman Mesir kuno yang cukup terisolasi. Pemukiman ini terletak 560 kilometer sebelah barat Kairo, dan masih satu daerah dengan temuan kuil tersebut.
Pemukiman tersebut diperkirakan telah dihuni manusia sejak 10.000 tahun Sebelum Masehi, sementara kuil yang baru ditemukan itu diduga berasal dari zaman antara 200 Sebelum Masehi dan 300 Masehi.
Mesir sendiri pernah berada di bawah kekuasaan Yunani dan Romawi. Namun begitu, arsitektur serta agama Mesir kuno tetap bisa bertahan. Bahkan, semua itu bercampur dan dapat dilihat pada bangunan-bangunan dari masa itu, salah satu contohnya adalah kuil yang baru ditemukan tersebut.
Kuil di situs Al-Salam.
Sisa-sisa kuil langka di Al-Salam (Foto: Egypt Ministry of Antiquities)
Sayangnya, sangat langka ada bangunan seperti itu yang tetap bertahan pada masa di bawah kekuasaan Yunani dan Romawi. Hal inilah yang kemudian menjadikan temuan kuil ini menarik.
ADVERTISEMENT
Sekarang para arkeolog akan melanjutkan pekerjaan penggaliannya hingga akhir tahun ini. Harapannya, akan terungkap lebih banyak lagi rahasia mengenai Oasis Siwa yang konon pernah didatangi Alexander Agung saat ia menaklukkan Mesir.
Kuil yang baru ditemukan ini dapat menjadi kunci untuk mempelajari rahasia dan misteri yang masih belum diketahui sebab kuil-kuil pada masa lampau sering dijadikan tempat berdagang dan bertemunya banyak orang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan