Tekno & Sains
·
24 September 2020 13:01

Asteroid Sebesar Mobil Dekati Bumi Malam Ini, Jaraknya Lebih Dekat dari Bulan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Asteroid Sebesar Mobil Dekati Bumi Malam Ini, Jaraknya Lebih Dekat dari Bulan (97064)
ilustrasi asteroid. Foto: commons.wikimedia.org
Sebuah asteroid akan mendekati planet Bumi pada jarak yang sangat dekat malam ini (24/7). Asteroid ini bahkan akan berjarak sekitar 14 kali lebih dekat daripada jarak Bulan ke planet Bumi.
ADVERTISEMENT
Asteroid bernama 2020 SW ini baru saja ditemukan pada Jumat pekan lalu (18/9) oleh sekelompok ilmuwan. Satu hari setelahnya, penemuan ini diumumkan ke publik oleh Minor Planet Center milik NASA.
Menurut data dari Virtual Telescope Project, asteroid akan mendekati Bumi hingga jarak 27 ribu kilometer. Sebagai pembanding, jarak Bulan ke Bumi adalah sekitar 384 ribu kilometer. Jarak tersebut juga lebih dekat dibandingkan jarak permukaan Bumi ke satelit televisi dan cuaca. Satelit pada umumnya berjarak sekitar 35 ribu kilometer dari planet Bumi
Dilansir EarthSky, Asteroid 2020 SW akan mencapai jarak terdekat dengan planet Bumi pada hari ini (24/9) pukul 07:18 EDT atau 18:18 WIB.
Asteroid Sebesar Mobil Dekati Bumi Malam Ini, Jaraknya Lebih Dekat dari Bulan (97065)
Ilustrasi hantaman asteroid. Foto: 470906 via pixabay.
Menurut data dari Center for Near Earth Object Studies (CNEOS), asteroid tersebut diperkirakan tidak akan bertumbukan dengan planet Bumi. Perkiraan ini dibuat oleh sekelompok ilmuwan dari Laboratorium Propulsi Jet (JPL) milik NASA.
ADVERTISEMENT
Ilmuwan juga masih mencoba menentukan ukuran sebenarnya dari 2020 SW. Namun, panjang asteroid ini diperkirakan tidak akan lebih dari 10 meter.
Meski ukurannya tidak besar, 2020 SW bergerak dengan kecepatan tinggi. Data menunjukkan bahwa asteroid saat ini terbang dengan kecepatan hingga 7,7 kilometer per detik atau setara 27.720 kilometer per jam.
Kejadian malam ini dapat dikatakan cukup langka. Pasalnya, asteroid 2020 SW baru akan kembali mendekati Bumi pada pertengahan tahun 2029 nanti.
Sayangnya, momen ini akan sangat sulit dilihat dengan mata telanjang. Jika penasaran, situs Virtual Telescope (www.virtualtelescope.eu/) memberikan tayangan asteroid 2020 SW secara langsung.
(EDR)