SQ- Ilustrasi tes darah yang positif corona
12 Maret 2020 10:31

Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona?

Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona? (82494)
Ilustrasi tes darah pasien positif corona. Foto: Shutterstock
Virus corona — yang penyebarannya dari di Wuhan, China — sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk negara-negara yang berdekatan dengan Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.
ADVERTISEMENT
Seperti dilansir dalam situs resmi WHO, virus yang kini memiliki nama resmi COVID-19 ini memiliki tanda-tanda umum infeksi, seperti gejala pernapasan, demam, batuk, dan sesak napas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia (paru-paru basah), sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan yang lebih parah menyebabkan kematian.
Kita harus tetap waspada akan penyebaran virus yang sangat cepat menular ini. Karenanya penting untuk melakukan langkah pencegahan.
Apa saja langkah pencegahannya?
1. Gunakan masker saat keluar rumah
Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona? (82495)
Masyarakat menggunakan masker. Foto: Shutterstock
Virus corona yang menyerang saluran pernapasan dan penyebarannya bisa melalui udara dapat dicegah dengan menggunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut. Maka dari itu, saat keluar rumah, pastikan Anda menggunakan masker dengan benar. Caranya mudah, kencangkan klip masker di hidung dan tarik ke dagu Anda, sehingga hidung dan mulut dapat tertutup.
ADVERTISEMENT
Menggunakan masker saat Anda sedang sakit atau memiliki gejala demam, flu, dan batuk juga sangat disarankan karena dapat mencegah orang lain ikut tertular.
2. Gunakan tisu ketika bersin atau batuk
Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona? (82496)
Bersin. Foto: Shutterstock
Salah satu gejala seseorang terjangkit virus corona adalah flu yang ditandai dengan bersin atau batuk. Biasanya, kita refleks menutupi mulut dan hidung dengan tangan apabila sedang bersin atau batuk. Ternyata cara tersebut menyebabkan persebaran virus corona semakin cepat.
Selain menggunakan masker, Anda juga dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menutup hidung dan mulut menggunakan tisu. Kuman yang menempel di tisu dapat segera dibuang dan tidak menempel di tangan Anda.
3. Jaga imunitas dengan berolahraga
Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona? (82497)
Berolahraga. Foto: Shutterstock
Daya tahan tubuh yang lemah akan membuat virus menyerang tubuh lebih mudah. Agar imunitas tetap terjaga, berolahraga secara rutin dapat ditempuh sebagai salah satu caranya. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Fakultas Kedokteran Universitas Harvard, melakukan aktivitas olahraga seperti jogging dapat meningkatkan sistem imun dan memperpanjang umur.
ADVERTISEMENT
Olahraga secara rutin dapat membuat sel darah putih bersirkulasi lebih cepat, sehingga mampu mendeteksi serangan virus, bakteri, dan keberadaan penyakit lain lebih awal dari biasanya. Inilah sebabnya mengapa olahraga menjadi salah satu langkah yang efektif untuk mencegah virus corona.
4. Rutin cek kesehatan
Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona? (82498)
Orang sedang cek kesehatan. Foto: Shutterstock
Setiap penyakit dapat disembuhkan dan dicegah apabila kita sudah mengetahuinya sejak awal. Rutin memeriksa kondisi kesehatan Anda dapat dijadikan salah satu cara untuk mencegah virus corona, mengingat gejala-gejala penyakit ini hampir mirip dengan penyakit pernapasan pada umumnya.
Apabila sejak awal kita sudah mengetahui penyakit yang menyerang tubuh, pertolongan yang diberikan juga lebih cepat, dengan begitu penyakit tidak akan berlanjut ke tahap yang lebih serius.
5. Hindari makanan dari binatang liar
Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona? (82499)
Ilustrasi penjual makanan hewan liar. Foto: Shutterstock
Menurut WHO, virus corona adalah zoomatic atau virus yang ditularkan dari hewan ke manusia. Kegemaran masyarakat Wuhan mengonsumsi kelelawar diduga menjadi asal-muasal virus ini berkembang dengan cepat di sana.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menghindari virus corona adalah dengan tidak mengonsumsi binatang liar apalagi jika tidak dimasak dengan benar/matang. Bisa saja virus yang ada di dalam hewan-hewan tersebut dapat menyerang tubuh Anda.
6. Selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan
Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona? (82500)
Cuci tangan dengan sabun. Foto: Shutterstock
Saat bersalaman dengan orang lain, kita tidak mengetahui apakah tangan orang tersebut sudah terbebas dari kuman. WHO dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyarankan masyarakat Indonesia untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun anti bacterial atau menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen dalam kondisi darurat.
Tidak sulit untuk menemukan produk pembersih tangan atau hand sanitizer yang efektif membunuh kuman. NUVO Family menghadirkan rangkaian produk untuk menjaga kebersihan tangan. Di antaranya NUVO Anti Bacterial Hand Soap dengan kandungan yang efektif dalam membunuh kuman 99,9 persen. Tak hanya itu, sabun ini juga dilengkapi dengan formula ekstra lembut yang membuat tangan Anda bersih dan wangi.
ADVERTISEMENT
Saat Anda tidak menemukan air, Anda tidak perlu khawatir karena NUVO juga memiliki hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen yang efektif membunuh kuman di tangan tanpa memerlukan air.
NUVO Hand Sanitizer juga disertai moisturizer yang menjaga kelembaban serta aroma yang menyegarkan tanpa membuat tangan Anda terasa lengket.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan NUVO Family.