Tekno & Sains
·
15 November 2020 13:33

Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Aturannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Aturannya (116274)
Ilustrasi orang Jepang minum air putih Foto: dok.shutterstock
Bagi kamu yang kelebihan berat badan atau obesitas, banyak cara untuk menurunkannya. Salah satu yang paling jitu adalah berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan mengelola gaya hidup sehat.
ADVERTISEMENT
Sudah sejak lama pula disebutkan bahwa banyak minum air putih bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Air putih bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga penting untuk fungsi otak, termasuk menjaga organ bekerja dengan baik.
Tapi, benarkah standar meminum delapan gelas per hari cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan membantu menurunkan berat badan.
Menurut ahli diet Jim White, RD, ACSM, yang juga pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios, setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda. Kendati begitu, berpegang pada jumlah yang sering direkomendasikan yakni delapan gelas 250 ml per hari sudah cukup untuk memenuhi asupan cairan tubuh, bahkan dapat membantu menurunkan berat badan.
ADVERTISEMENT
Kedengarannya tidak terlalu banyak, tetapi menjadi sebuah tantangan bagi kebanyakan orang untuk meminum cukup air,” kata White seperti dikutip eatthis.
Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Aturannya (116275)
Ilustrasi anak obesitas Foto: Shutterstock
Menurut CDC, 43 persen orang dewasa minum air kurang dari empat gelas sehari, dengan 7 persen orang mengaku tidak minum satu gelas air pun dalam sehari. White mengatakan, pada dasarnya kamu harus membiarkan rasa haus menjadi penuntut diri. Jika kamu masih haus setelah minum 8 gelas per hari, maka tidak menjadi masalah ketika meminum air di gelas berikutnya.
Yang pasti, jika kamu merasa cukup, pastikan untuk tidak berlebihan. Sebab, minum air terlalu banyak dapat menyebabkan hiponatremia, yakni keracunan air di mana kadar natrium dalam tubuh menjadi terlalu encer sehingga menyebabkan pembengkakan di otak, kejang, dan koma.
ADVERTISEMENT

Kebutuhan air orang gemuk atau obesitas berbeda

Bagi mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas, kebutuhan airnya berbeda. Menurut White, mereka dengan obesitas perlu meminum lebih banyak air agar tetap terhidrasi dengan baik dan membantu menurunkan berat badan.
Persamaan matematika sederhananya adalah setengah dari berat badan kamu berupa ons air. Jadi, jika berat badan kamu 180 pon atau sekitar 82 kg, maka kamu harus meminum 90 ons atau sekitar 2,7 liter air sehari.
Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Aturannya (116276)
Saat sedang diet. Foto: Thinkstock
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Family Medicine menemukan bahwa orang dengan indeks massa tubuh lebih tinggi paling sedikit terhidrasi. Studi juga menunjukkan bahwa air adalah nutrisi penting dan berperan besar dalam penurunan berat badan seperti makanan dan olahraga.
ADVERTISEMENT
Peneliti Virginia Tech menemukan, orang dewasa yang kelebihan berat badan yang rutin meminum 16 ons air setengah jam sebelum makan kehilangan 3 pon atau sekitar 1,3 kilogram lebih cepat ketimbang mereka yang tidak menerapkan metode tersebut. Jika metode ini terus dilakukan, dalam 12 minggu berat badan yang hilang bisa mencapai 9 pon atau sekitar 4 kilogram.
Mengganti minuman berkalori dan manis seperti soda, jus buah, dan es teh manis dengan air putih juga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan, kata White. So, rekomendasi ini bisa dicoba untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.