kumparan
search-gray
Tekno & Sains23 Desember 2017 10:54

Benarkah Minuman Keras Jadi Pemicu Terjadinya Pelecehan Seksual?

Konten Redaksi kumparan
Benarkah Minuman Keras Jadi Pemicu Terjadinya Pelecehan Seksual? (43926)
Bahaya Minuman Alkohol Bagi Anak (Foto: Pixabay)
Pengaruh alkohol memang bisa membuat seseorang melakukan tindakan bodoh yang mungkin tidak disadarinya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Nebraska-Lincoln di Amerika Serikat menemukan bahwa pria yang berada dalam pengaruh alkohol cenderung menganggap wanita sebagai objek seksual.
ADVERTISEMENT
Studi ini mengamati kebiasaan 49 pria yang berusia 20 tahunan ketika meneguk minuman beralkohol. 29 di antaranya diberi dua macam minuman beralkohol untuk membuat mereka agak mabuk dan yang lainnya diberi minuman tidak beralkohol. Mereka kemudian diminta untuk menilai foto dari 80 orang mahasiswi berdasarkan penampilan dan kepribadiannya.
Sebelum foto-foto itu ditunjukkan ke para partisipan, semuanya telah dinilai oleh panel independen berdasarkan kebaikan, kepandaian, kepercayaan diri, dan daya tarik, seperti dilaporkan MedicalXpress.
Ketika para peserta studi melihat foto, mata mereka diamati oleh alat pelacak gerak mata untuk melihat bagian tubuh mana dari foto mahasiswi itu yang paling sering mereka lihat.
Benarkah Minuman Keras Jadi Pemicu Terjadinya Pelecehan Seksual? (43927)
Alkohol dapat menyumbat pembuluh darah. (Foto: Thinkstock)
Pada pria terpengaruh alkohol ternyata lebih memperhatian bagian dada dan pinggang dari wanita yang berada dalam foto tersebut, sementara bagian wajah tak terlalu menarik perhatian mereka. Sementara yang memiliki nilai sikap seperti kehangatan dan kecakapan yang lebih tinggi cenderung dilihat lebih sebentar.
ADVERTISEMENT
Mereka lebih banyak melihat foto-foto dari wanita yang telah dinilai memiliki tingkat daya tarik tinggi sebelumnya.
"Hal ini membuktikan, wanita yang memiliki sifat yang hangat dan lebih cakap, namun memiliki fisik yang biasa saja cenderung lebih jarang dijadikan objek,” kata Abigail Riemer, peneliti dari University of Nebraska-Lincoln, dilansir IBT.
Ia mengatakan pria yang terpengaruh alkohol kebanyakan melihat wanita sebagai objek seksual.
"Pandangan seperti ini akan membuat wanita seolah bukan manusia dan dapat memberikan efek negatif pada wanita, misalnya kekerasan seksual atau diskriminasi pada wanita di tempat kerja," katanya.
Penelitian ini dilakukan untuk memahami mengapa pria bisa memandang wanita sebagai objek seksual. Lalu, hasilnya dapat digunakan untuk menentukan langkah awal dalam mencegah terjadinya pelecehan seksual ke depannya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white