kumparan
21 Sep 2019 12:46 WIB

Benarkah Terlalu Lama Main Ponsel di Toilet Bisa Sebabkan Ambeien?

Ilustrasi Bermain Smartphone Foto: Shutter Stock
Kecanduan smartphone terkadang membuat orang memiliki kebiasaan yang aneh-aneh. Misalnya, karena saking ketergantungan dengan ponsel, sebagian orang bahkan bermain ponsel saat sedang buang air besar di toilet.
ADVERTISEMENT
Padahal, ahli medis telah lama memperingatkan bahwa duduk berlama-lama, termasuk ketika buang air kecil atau buang air besar di kloset, bisa menyebabkan wasir alias ambeien. Sebab, posisi duduk yang lama ini meningkatkan tekanan pada pembuluh darah anus, tepatnya di bagian rektum bawah. Hal itu pula yang bisa terjadi bila kita mengejan secara berlebihan ketika buang air besar.
Ilustrasi anak laki-laki sedang bermain ponsel di toilet. Foto: Shutterstock
Biasanya, tak sedikit dari kita yang mencuri-curi waktu untuk membaca buku, melamun, hingga bermain smartphone saat berada di toilet. Mulai saat ini, sebaiknya kebiasaan buruk tersebut harus segera dikurangi.
Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan berbagai aktivitas tadi. Hanya saja lamanya waktu yang kita habiskan untuk duduk di kloset itulah yang menjadi persoalannya. Menurut laporan Medical Daily, kebiasaan tersebut bukan tidak mungkin bakal meningkatkan risiko terkena penyakit wasir atau ambeien.
ADVERTISEMENT
Mengenal Ambeien
Ambeien sendiri adalah kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus meradang atau bengkak. Kondisi ini membuat penderitanya merasa sakit ketika sedang duduk atau ketika sedang buang air besar.
Penyakit ambeien ini bisa menimpa siapa saja. Bahkan, tiga dari empat orang dewasa mengalaminya dari waktu ke waktu, sebagaimana dilansir Medical Daily.
Penyebab ambeien paling umum adalah terlalu sering mengejan saat buang air besar. Kondisi penegangan yang lama saat mengejan inilah yang menyebabkan jaringan pendukung bantal anus (anal cushions) rusak dan pembuluh vena melebar.
Penyakit ambeien atau wasir sendiri terbagi menjadi dua jenis. Pertama, ada yang berkembang di dalam rektum atau wasir internal. Kedua, ada yang berkembang di bawah kulit sekitar anus atau wasir eksternal.
Ilustrasi main gim di toilet. Foto: Pixabay
Lalu bagaimana penggunaan smartphone bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ambeien? Ponsel merupakan salah satu benda yang seolah tak bisa dilepaskan oleh sebagian manusia. Ke mana pun mereka pergi, ponsel akan selalu ada menemani mereka bahkan ke toilet sekalipun.
ADVERTISEMENT
Sambil membuang hajat, mereka biasanya juga memanfaatkan waktu tersebut untuk sekadar mengecek media sosial atau menonton video. Saking asiknya, kerap kali kita tak sadar sudah menghabiskan waktu cukup lama di dalam toilet dengan posisi duduk.
Orang-orang yang memiliki kebiasaan ini dalam istilah medis disebut dengan toilet newspaper syndrom. Menurut Meheshinder Singh, ahli bedah kolorektal di Pantai Medical Center di Kuala Lumpur, Malaysia, sindrom ini erat kaitannya dengan pemicu ambeien.
Penyebutan toilet newspaper syndrom sendiri agaknya sudah ketinggalan zaman. Mengingat sekarang ini sudah memasuki era ponsel pintar, zaman ketika semua orang amat bergantung dengan keberadaan ponsel melebihi surat kabar. Namun tetap saja, frasa kuno ini masih relevan jika digunakan untuk mengingatkan orang-orang yang kerap lupa diri ketika sudah bermain ponsel pintar di dalam toilet.
ADVERTISEMENT
Singh kemudian menyarankan kita semua untuk tidak membawa gawai apa pun, terutama smartphone, ke toilet.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan