Tekno & Sains
·
3 Desember 2020 20:58

Bocah 13 Tahun Ini Hidup dengan 70 Gigi: Mulut Sulit Menutup, Susah Makan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bocah 13 Tahun Ini Hidup dengan 70 Gigi: Mulut Sulit Menutup, Susah Makan (127154)
Cynthia, perempuan dengan 70 gigi di Afrika. Foto: YouTube/Afrimax English
Cynthia, seorang bocah perempuan berusia 13 tahun memiliki sekitar 70 gigi di dalam mulutnya. Pertumbuhan gigi Cynthia tidak berjalan normal, karena umumnya anak-anak di usianya memiliki 28 gigi, sementara gigi orang dewasa berjumlah 32 gigi.
ADVERTISEMENT
Diceritakan oleh Maria, ibu Cynthia, anak perempuannya ini lahir dengan kelainan. Cynthia tidak menangis seperti bayi lain dan juga mengalami kesulitan pernapasan. Ia pun diberi pengobatan sejak lahir.
Pada usia tiga bulan, gigi Cynthia mulai tumbuh tapi tidak normal. Biasanya, bayi mulai tumbuh gigi pada usia sekitar 6 bulan setelah lahir. Pertumbuhan gigi Cynthia pun tergolong cepat, karena setiap bagian gigi tumbuh bersamaan.
Sampai saat ini, ibunya tidak mengetahui jumlah pasti gigi Cynthia tapi dia memperkirakan ada sekitar 70 gigi, karena memiliki dua lapisan gigi di gusi dan yang lain tersebar tak beraturan di dalam mulutnya.
Bocah 13 Tahun Ini Hidup dengan 70 Gigi: Mulut Sulit Menutup, Susah Makan (127155)
Cynthia, perempuan dengan 70 gigi di Afrika. Foto: YouTube/Afrimax English
Maria berhenti menyusui bayinya pada usia tiga bulan karena Cynthia tidak bisa lagi menarik ASI. Dia hanya bisa menggigit payudara ibunya karena memiliki gigi yang besar.
ADVERTISEMENT
Cynthia juga mengalami kesulitan makan. Dia tidak bisa mengunyah makanan yang diberikan oleh ibunya. Gigi-giginya yang terlalu besar juga membuat mulutnya sulit menutup dan selalu mengeluarkan air liur.
"Dia tidak bisa mengunyah makanan. ketika Anda mencoba dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Dia malah menggigit jarimu, tapi dia tidak bisa mengunyahnya. Semua makanan jatuh dari mulutnya. Jadi saya memberi makan saat dia tidur," kata Maria, sebagaimana dikutip Afrimax English.
Bocah 13 Tahun Ini Hidup dengan 70 Gigi: Mulut Sulit Menutup, Susah Makan (127156)
Cynthia hidup bersama ibunya bernama Maria. Foto: YouTube/Afrimax English
Hasil pemeriksaan rumah sakit menyatakan, Cynthia tidak hanya menderita kelainan pada gigi saja, tetapi juga memiliki ada gangguan pada otaknya. Jadi, dokter tidak bisa membantunya dengan cara apa pun.
Tubuh Cynthia juga tidak seperti anak usia 13 tahun. Tubuhnya kecil dan terlihat kurus. Tangannya selalu terlipat dan jarinya terus menggenggam. Dia juga sulit berkomunikasi dengan orang lain. Kemungkinan hal itu disebabkan oleh kelainan otak yang mempengaruhi kesehatan Cynthia.
ADVERTISEMENT

Ditinggal sang ayah sejak bayi

Untuk menghidupi Cynthia yang menjadi anak tunggalnya, Maria berjualan buah-buahan seperti pisang, mangga, dan alpukat. Ketika Maria akan menjual buah-buahan, ia selalu mengurung Cynthia di rumah karena tidak ada orang yang mau tinggal bersamanya.
Maria harus bekerja keras untuk mencari nafkah seorang diri, karena ayah Cynthia pergi meninggalkannya. Ayah Cynthia merasa terganggu dengan kondisi anaknya. Ia pergi ketika Cynthia berusia enam bulan.
Bocah 13 Tahun Ini Hidup dengan 70 Gigi: Mulut Sulit Menutup, Susah Makan (127157)
Cynthia, perempuan dengan 70 gigi di Afrika. Foto: YouTube/Afrimax English
"Dia mengatakan bahwa di keluarganya mereka tidak melahirkan makhluk seperti itu, lalu dia pergi dan meninggalkan kami yang artinya sekarang saya berjuang sendiri," jelas Maria.
Tekanan juga datang dari masyarakat sekitar, kebanyakan orang menyebut Cynthia makhluk yang aneh. Orang-orang menjauhi Cynthia, karena bau busuk yang keluar dari mulutnya, karena dia tidak bisa menyikat gigi seluruhnya.
ADVERTISEMENT
Kelainan jumlah gigi yang dialami oleh Cynthia bisa juga disebut hyperdontia, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan terlalu banyak gigi tumbuh di mulut. Penyebab pasti hyperdontia pun tidak diketahui, tetapi tampaknya terkait dengan beberapa kondisi keturunan dan kelainan genetik langka.