kumparan
16 Oktober 2019 7:04

Bola Api Diduga Meteor Melintasi China, Bikin Malam Jadi Terang

Ilustrasi Meteor
Ilustrasi Meteor Foto: Pixabay
Sebuah benda yang tampak seperti meteor menerangi langit timur laut China pada Jumat, 11 Oktober 2019 kemarin. Benda itu muncul bagai bola api yang terang dan terekam oleh kamera pengawas atau CCTV yang dipasang di beberapa tempat di Negeri Tirai Bambu tersebut.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah kamera pengintai yang berada di kota Songyuan di Provinsi Jilin. Selain itu, banyak juga warga yang mengabadikannya melalui kamera ponsel. Video penampakan bola api melintas di langi China bisa kalian lihat di bawah ini.
Video
Bola api yang diduga meteor itu melintas sekitar pukul 00.16 waktu Beijing, dan mengubah malam menjadi terang benderang laiknya siang hari, serta menampilkan bayangan gelap ketika bola melesat dengan cepat di atas langit.
Menurut laporan kantor berita CCTV, cahaya terang juga dikonfirmasi terlihat di Provinsi Heilongjiang dan Liaoning. Ribuan orang mengaku menyaksikan meteor jatuh tersebut, dan beberapa video yang berhasil menangkap peristiwa itu telah menyebar di berbagai media sosial.
“Bola api menerangi langit Kota Songyuan di timur laut China. Mobil dan beberapa kamera pengintai merekamnya. Orang-orang menduga benda yang menerangi langit itu adalah meteor,” tulis salah satu pengguna Twitter, Robert Lufkin MD, dalam cuitannya.
ADVERTISEMENT
Kini, para ilmuwan dengan Purple Mountain Observer, bagian dari Akademik Ilmu Pengetahuan China, tengah meninjau video yang beredar untuk mempelajari bola api tersebut. Adapun benda itu diperkirakan jatuh di dekat kota Songyuan, Provinsi Jilin, kendati belum ada bukti serpihan yang ditemukan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan