Tekno & Sains
·
3 Desember 2020 16:58

Detik-detik Bersejarah Pesawat Luar Angkasa China Mendarat di Bulan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Detik-detik Bersejarah Pesawat Luar Angkasa China Mendarat di Bulan (27397)
Pesawat luar angkasa Change 5 sebelum diluncurkan. Foto: REUTERS/Tingshu Wang
China menjadi negara pertama yang berhasil mendaratkan pesawat luar angkasa di Bulan sejak Uni Soviet melakukannya lewat misi Luna 24 pada 1976. Pencapaian ini dilakukan mereka dengan pesawat luar angkasa Chang’e-5.
ADVERTISEMENT
Beberapa hari setelah Chang'e-5 mendarat, China, melalui Badan Luar Angkasa Nasional China (CNSA), merilis video yang memperlihatkan detik-detik pesawat luar angkasanya pendaratan. Pendaratan bersejarah itu sendiri terjadi pada Selasa (1/12) lalu.
Video
Rencananya, Chang’e-5 akan berada di Bulan hingga hari Kamis (3/12). Selama waktu tersebut, Chang’e-5 akan mengambil sampel permukaan Bulan untuk penelitian lebih lanjut oleh ilmuwan di Bumi.
Pengambilan sampel ini juga menjadi yang pertama dalam sejarah sejak tahun 1976 silam. Hal ini semakin menguatkan posisi China sebagai salah satu negara yang serius untuk menjelajah luar angkasa.
Dilansir The New York Times, pesawat Chang’e-5 mendarat di daerah bernama Mons Rumker. Wilayah tersebut merupakan batuan lava basalt raksasa yang mirip seperti tempat pendaratan astronaut NASA pada tahun 1970-an.
ADVERTISEMENT
Namun, batuan luar angkasa tersebut lebih muda beberapa miliar tahun dibandingkan batuan yang diambil oleh pesawat Apollo milik NASA. Harapannya, pengambilan sampel ini akan membuat kita bisa lebih memahami proses pembentukan Bulan pada masa lalu.
(EDR)