Tekno & Sains14 September 2020 7:00

Detik-Detik Dokter Angkat Gumpalan Rambut 7 Kg dari Perut Seorang Perempuan

Konten Redaksi kumparan
Detik-Detik Dokter Angkat Gumpalan Rambut 7 Kg dari Perut Seorang Perempuan (213251)
Ilustrasi operasi. Foto: Skeeze via Pixabay
Tak disangka, perbuatan seorang perempuan bernama Sweety Kumari yang tergolong aneh selama bertahun-tahun membuat dirinya harus menjalani operasi yang menyakitkan. Kumari yang diketahui berusia 17 tahun itu, selalu mengunyah rambut, sehingga membuat benjolan di perutnya.
ADVERTISEMENT
Mendapat keluhan tersebut, Kumari akhirnya pergi ke dokter dan melakukan diagnosa melalui USG, benjolan itu awalnya diduga merupakan tumor kanker. Tetapi, Setelah melakukan operasi enam jam, dokter pun dibuat kaget menemukan gumpalan rambut yang beratnya mencapai 7 kilogram seperti bayi berusia lima bulan.
Dari video yang beredar menunjukkan dokter di distrik Bokaro Jharkhand, India mengoperasi gadis itu pada 31 Agustus lalu. Sebuah tim yang dipimpin oleh Dr GN Sahu beroperasi di sebuah rumah sakit swasta di Bokaro.
Detik-Detik Dokter Angkat Gumpalan Rambut 7 Kg dari Perut Seorang Perempuan (213252)
Ilustrasi mengikat rambut Foto: Shutterstock
Dr Sahu mengatakan bahwa ini adalah pertama kali dalam masa 40 tahun karirnya dia melihat begitu banyak rambut di perut seorang perempuan. Dokter menemukan gadis itu punya kebiasaan mengunyah rambutnya dan perlahan ada benjolan yang menumpuk di dalam perut.
ADVERTISEMENT
Rambut tidak dapat terurai oleh sistem pencernaan tubuh, sehingga dapat membalut seluruh perutnya dan membentuk gumpalan. Laporan Daily Star mengatakan kondisi Kumari stabil dan akan keluar dari rumah sakit setelah observasi awal.
Menariknya, peristiwa ini sering terjadi, di mana ada beberapa kasus ditemukan operasi khusus untuk pengangkatan gumpalan rambut dari dalam perut.
Detik-Detik Dokter Angkat Gumpalan Rambut 7 Kg dari Perut Seorang Perempuan (213253)
Ilustrasi rambut rontok Foto: Shutterstock
Tahun 2019 lalu, seorang remaja berusia 16 tahun harus dilakukan operasi darurat untuk menghilangkan setengah kilo gumpalan rambut dari dalam perutnya. Petugas medis tercengang dengan ukuran bola rambut yang menempati 80 persen ruangan di perut remaja tersebut.
Diselidiki, remaja Rusia itu ternyata menderita sindrom Rapunzel, yang memicu kecanduan untuk menelan rambutnya sendiri.

Sindrom Rapunzel

Sindrom Rapunzel adalah kondisi medis yang sangat langka di mana rambut yang dimakan seseorang menjadi kusut dan terperangkap di perutnya. Hal ini menyebabkan terbentuknya trichobezoar (bola rambut) yang memiliki ekor panjang memanjang ke usus kecil.
ADVERTISEMENT
BBC melaporkan ada dua kondisi sindrom Rapunzel, yakni trikotilomania dan trikofagia. Trikotilomania merupakan adanya dorongan yang tak tertahankan untuk mencabut rambut diri sendiri. Sedangkan, trikofagia adalah kebiasaan memakan rambut diri sendiri secara komplusif.
Hanya ada 88 kasus sindrom Rapunzel yang dilaporkan. Sebagian besar kasus terjadi di masa kanak-kanak dengan 40 persen sindrom Rapunzel terjadi pada usia di bawah 10 tahun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white