Tekno & Sains
·
11 Juni 2021 8:36
·
waktu baca 1 menit

Foto: Penampakan Telur Ayam Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Septic Tank Kuno

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Foto: Penampakan Telur Ayam Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Septic Tank Kuno (161153)
Seorang arkeolog Israel menampilkan telur ayam berusia 1.000 tahun yang hampir utuh, saat penggalian di pusat kota Yavne, Rabu (10/6). Foto: EMMANUEL DUNAND/AFP
Sebuah telur ayam lengkap berusia 1.000 tahun ditemukan di Yavne, sebuah kota di Israel tengah, Otoritas Purbakala Israel mengumumkan pada Rabu (9/6).
ADVERTISEMENT
Telur tersebut punya tinggi sekitar enam sentimeter, dengan cangkang telur tampak memiliki beberapa retakan. Kendati begitu, tidak ada bagian dari lapisan luar telur yang hilang saat ditarik dari septic tank atau lubang pembuangan kuno.
“Ini adalah penemuan yang sangat langka, di Israel dan dunia,” kata Dr. Lee Perry Gal dari IAA, seorang ahli unggas terkemuka di dunia kuno, dikutip dari Jerusalem Post.
Foto: Penampakan Telur Ayam Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Septic Tank Kuno (161154)
Seorang arkeolog Israel menampilkan telur ayam berusia 1.000 tahun yang hampir utuh, saat penggalian di pusat kota Yavne, Rabu (10/6). Foto: EMMANUEL DUNAND/AFP
Telur ini digali di kompleks industri besar yang berasal dari periode Bizantium (abad ke-4-7 M). Di dalam situs tersebut, para arkeolog menemukan sebuah lubang pembuangan dari periode Islam, dan mereka terkejut melihat benda yang tidak biasa di dalamnya.
Para peneliti berharap bisa mengekstrak DNA di dalamnya untuk mempelajari telur lebih lanjut. “Kami akan mengambil sisa-sisanya dan mengekstrak beberapa kolagen untuk mencoba melakukan sekuens DNA,” kata Perry Gal.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.