Tekno & Sains
·
20 Oktober 2020 7:59

Gambar Kucing Raksasa Rebahan Usia 2.000 Tahun Ditemukan, Ini Penampakannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gambar Kucing Raksasa Rebahan Usia 2.000 Tahun Ditemukan, Ini Penampakannya (90339)
Gambar kucing raksasa di gurun pasir Nazca, Peru. Foto: Ministerio de Cultura Peru
Para arkeolog dari Kementerian Kebudayaan Peru baru-baru ini mengumumkan penemuan ukiran gambar kucing raksasa di Garis Nazca. Gambar kucing yang tampak tengah bersantai atau rebahan ini memiliki panjang 37 meter dan diperkirakan dibuat pada 2.000 tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Menurut keterangan Kementerian Kebudayaan Peru, gambar kucing raksasa itu hampir tidak terlihat karena berada di terletak di lereng yang cukup curam yang rentan terhadap efek erosi alami. Gambar kucing raksasa ini juga hampir sepenuhnya terhapus.
Garis Nazca sendiri adalah sekelompok gambar besar yang terukir di gurun pasir, yang dikenal sebagai geoglyph. Berbagai garis Nazca terukir di gurun pasir Peru selatan, sekitar 400 kilometer dari ibu kota Lima. Beberapa di antaranya membentang dengan lebar 30m dan panjang lebih dari 9 km.
"Salah satu hal yang terus mengejutkan, dan yang banyak ditanyakan, adalah bagaimana kita masih menemukan geoglyph baru," kata Johny Isla, kepala tim arkeolog yang yang menemukan gambar kucing raksasa Nazca tersebut, seperti dikutip Euronews. “Malah ada yang baru dan akan terus kita cari lagi.”
ADVERTISEMENT
Menurut laporan ABC, garis Nazca tersebar di area seluas hampir 1.000 kilometer persegi di gurun pasir tersebut. Gambar yang ditampilkan pun bermacam-macam, mulai dari burung kolibri, monyet, orca, hingga gambar misterius aneh yang diyakini sebagai “astronaut.”
Gambar Kucing Raksasa Rebahan Usia 2.000 Tahun Ditemukan, Ini Penampakannya (90340)
Garis Nazca misterius yang mirip dengan astronaut. Foto: Wikimedia Commons
Pada 1994, UNESCO menobatkan garis Nazca sebagai situs warisan dunia. Menurut UNESCO, garis Nazca diperkirakan dibuat pada tahun 500 sebelum Masehi hingga 500 setelah Masehi, dan berfungsi sebagai ritual astronomi para pembuatnya.
“Cukup mengejutkan bahwa kami masih menemukan gambara baru, tetapi kami juga tahu bahwa masih banyak lagi yang bisa ditemukan,” kata Isla, kepada kantor berita Spanyol Efe. “Selama beberapa tahun terakhir, penggunaan drone telah memungkinkan kami mengambil gambar lereng bukit.”
Isla mengatakan, setidaknya sudah ada 80 hingga 100 gambar garis Nazca baru yang ditemukan selama beberapa tahun terakhir. Menurut dia, semua gambar tersebut lebih tua ketimbang budaya peradaban Nazca yang hidup pada 200-700 Masehi.
ADVERTISEMENT
"Ini lebih kecil ukurannya, ditarik ke lereng bukit, dan jelas milik tradisi sebelumnya,” pungkas Isla.