Tekno & Sains
·
25 November 2020 7:42

Heboh Tugu ‘Alien’ Metal Misterius Muncul di Tengah Gurun, Tingginya 3,6 Meter

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Heboh Tugu ‘Alien’ Metal Misterius Muncul di Tengah Gurun, Tingginya 3,6 Meter (467542)
Penemuan monolit logam di Utah. Foto: Department of Public Safety's Aero Bureau Utah
Sebuah objek aneh berupa tugu 'alien' metal seperti monolit muncul secara misterius di tengah Gurun Utah tak berpenghuni. Objek misterius itu ditemukan oleh seorang kru dari departemen sumber daya satwa liar di negara bagian Amerika Serikat, Utah.
ADVERTISEMENT
Mereka menemukannya tatkala berpatroli menggunakan helikopter di atas gurun tersebut. Awalnya, tim ditugaskan untuk membantu petugas departemen sumber daya satwa liar menghitung domba tanduk besar atau bighorn (Ovis canadensis) di sekitar Gurun Utah.
Namun tiba-tiba, seorang kru melihat sebuah benda mengkilap mirip monolit di tengah bebatuan merah. Kru kemudian memutuskan untuk berputar balik dan mendarat di salah satu teluk untuk menyelidiki objek misterius tersebut.
Heboh Tugu ‘Alien’ Metal Misterius Muncul di Tengah Gurun, Tingginya 3,6 Meter (467543)
Penemuan monolit logam di Utah. Foto: Department of Public Safety's Aero Bureau Utah
"Salah satu ahli biologi adalah orang yang pertama kali melihatnya, dan kami kebetulan terbang tepat di atasnya," kata Hutchings kepada KSL-TV. "Dia seperti, 'Whoa, whoa, whoa, putar balik, putar balik!' Dan saya seperti, 'Apa.' Dan dia seperti, 'Ada benda di belakang sana kita harus melihatnya!'," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Saat didekati, sebuah benda bermaterial metal tampak tertancap sangat kuat di tanah. Ini menunjukkan bahwa objek tidak dijatuhkan secara acak ke tanah, namun seperti ditanam secara sengaja. Beberapa orang awalnya khawatir mendekati monolit karena dianggap dapat membahayakan. Sementara pilot helikopter, Bret Hutchings, mengira benda itu milik NASA yang guna kebutuhan satelit.
Dia akhirnya meyakini bahwa tugu metal dibangun oleh seorang seniman atau penggemar berat film 2001:Space Odyssey. Ini tak lain karena struktur tugu menyerupai mesin yang ditemukan dalam cerita Arthur C. Clarke.
"Saya berasumsi bahwa itu adalah (perbuatan) seorang seniman atau lainnya. Anda tahu, seseorang yang merupakan penggemar berat (film 2001: A Space Odyssey)," katanya seperti dikutip Daily Mail.
Heboh Tugu ‘Alien’ Metal Misterius Muncul di Tengah Gurun, Tingginya 3,6 Meter (467544)
Adegan monolit muncul di film 2001: A Space Odyssey. Foto: Stanley Kubrick Productions
Jika merujuk pada sebuah adegan dalam film "2001: A Space Odyssey" yang rilis tahun 1968, memang ada monolit hitam muncul di sana. Monolit tersebut bentuknya mirip dengan yang ditemukan di Utah baru-baru ini.
ADVERTISEMENT
Adapun monolit diperkirakan memiliki tinggi 3,6 meter. Departemen Keamanan Publik Utah sudah memberikan peringatan bahwa, jika benar tugu metal tersebut diletakan dengan sengaja, maka itu adalah tindakan ilegal. Alasannya karena memasang bangunan atau karya seni tanpa izin di lahan publik
"Tidak peduli dari planet mana Anda berasal," tulis pernyataan tersebut.
Hingga kini, detail lokasi penemuan tugu misterius itu masih dirahasiakan, dan belum jelas siapa atau apa yang meletakkan monolit di sana. Petugas Biro Pengelolaan Lahan Utah akan memutuskan apakah penyelidikan lebih lanjut diperlukan atau tidak.