Tekno & Sains
·
18 November 2020 8:32

Ikan Unicorn Langka Ini Ternyata Bisa Berjalan di Dasar Laut

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ikan Unicorn Langka Ini Ternyata Bisa Berjalan di Dasar Laut (106141)
Ikan Unicorn Batfish Foto: Mickey Charteris/Caribbean Reef Life
Tidak ada yang tidak mungkin di tahun 2020. Berbagai hal mengejutkan terjadi di tahun ini, termasuk ditemukannya ikan unicorn di Carribean, Amerika Utara, yang bisa berjalan.
ADVERTISEMENT
Ikan unicorn ini sebenarnya adalah keluarga dari ikan hidung pesek alias Shortnose Batfish yang berhabitat di dasar laut seperti koral, rumput laut atau lumpur. Dalam keluarga ini juga terdapat ikan punk sirip tangan anglerfish.
Semua ikan tersebut memilki ciri khas tanduk di kepala. Kalau ikan unicorn Batfish punya tanduk mirip kuda unicorn, ikan punk anglerfish punya tanduk yang mirip seperti mohawk anak punk.
Keluarga handfish ini juga punya ciri khas sirip yang berada di bawah tubuh dan berfungsi seperti kaki. Sirip tersebut digunakan untuk berjalan di dasar laut, bukan untuk berenang.
Ikan unicorn sendiri adalah hewan langka. Keberadaannya difilmkan dalam acara French Key Cut, di pulau Rotatan, Honduras. Mickey Charteris, orang yang menemukan ikan unicorn, mengatakan bahwa itu adalah bentuk ikan paling aneh yang pernah ia lihat.
ADVERTISEMENT
Ikan unicorn berjalan pelan-pelan untuk berburu mangsa. Biasanya ikan ini memangsa jenis kepiting dan ikan-ikan kecil.
Berdasarkan temuan tersebut, tampak ikan unicorn menggunakan empat sirip yang berfungsi sebagai kaki untuk menopang tubuhnya berjalan dan berdiri di dasar laut yang berpasir. Ia memiliki tanduk di kepala dan buntut yang lurus.
Warna tubuhnya juga bertekstur dengan kombinasi cokelat, hijau lumut dan putih dengan kaki yang berwarna sedikit kemerahan. Mungkin warna tubuh itu membantu ikan unicorn untuk berkamuflase.
Meski siripnya berada di bawah tubuhnya, ikan unicorn tidak selalu menggunakannya untuk berjalan. Ketika ketakutan dan harus kabur dari ancaman, ia bisa juga berenang.