Tekno & Sains
·
17 Juli 2020 8:29

Ini Cara Perempuan Bisa Capai Orgasme saat Berhubungan Seks

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Cara Perempuan Bisa Capai Orgasme saat Berhubungan Seks (83283)
COVER: Hubungan Seks Suami Istri Foto: Thinkstock
Untuk mencapai orgasme saat bercinta, kaum perempuan tampaknya sedikit lebih rumit ketimbang pria. Karena selain penetrasi, mereka membutuhkan variasi yang bisa memuaskan hasrat seksualnya.
Inilah yang sukar dipahami oleh kaum pria, karena orgasme perempuan susah ditebak dan dilihat. Satu-satu jalan untuk mengetahui hal itu, bertanya langsung pada pasangan. Namun, cara memuaskan perempuan sebenarnya bisa dipelajari, seperti yang diutarakan peneliti dalam jurnal risetnya yang terbit di Journal of Sex and Marital Therapy.
Penelitian tersebut mencoba mengungkap apa saja yang dibutuhkan perempuan agar mencapai kepuasaan dan orgasme saat berhubungan seks. Dalam riset tersebut disebutkan bahwa sebagian besar perempuan menginginkan lebih banyak rangsangan klitoris selama berhubungan seks.
Dalam studi tersebut, para ilmuwan dari Indiana University School of Public Health melibatkan sekitar 1.000 orang perempuan heteroseksual, berusia 18 hingga 94 tahun. Mereka diminta untuk mengisi kuisioner yang meliputi pertanyaan ihwal perilaku seksual hingga sentuhan genital yang mengungkap cara-cara untuk merangsang dan menyenangkan wanita.
Ini Cara Perempuan Bisa Capai Orgasme saat Berhubungan Seks (83284)
Wanita cenderung lebih lama untuk mencapai orgasme Foto: Thinkstock
Hasilnya, 73 persen perempuan mengatakan bahwa mereka membutuhkan sentuhan langsung ke kulit selama berhubungan seks untuk mencapai orgasme. Sedangkan 18 persen wanita mengatakan bahwa penetrasi saja sudah cukup untuk mencapai orgasme. Sementara 9 persen mengatakan bahwa mereka tidak orgasme selama berhubungan seks.
Saat ditanya rangsangan macam apa yang paling disukai perempuan, hasilnya sekitar 64 persen perempuan mengaku lebih suka gerakan yang berirama atau naik turun dengan sentuhan secara langsung. 50 persen menyukai gerakan memutar dengan beberapa wanita menyukai berganti posisi bercinta.
Karena klitoris berada di luar vagina, perempuan tidak selalu mendapatkan sensasi untuk mencapai orgasme. Adapun penelitian sebelumnya menemukan bahwa perempuan mencapai orgasme selama berhubungan seks dengan memainkan klitoris sehingga sensasi yang didapatkan lebih besar.
Keinginan perempuan berhubungan seks secara bervariasi mungkin bakal menyulitkan pria, mengingat dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa 95 persen laki-laki mengalami orgasme saat hubungan seks berlangsung, sementara hanya 65 persen perempuan yang mengalami hal yang sama.
Ini Cara Perempuan Bisa Capai Orgasme saat Berhubungan Seks (83285)
Ilustrasi diskusi tentang masalah seks dengan pasangan Foto: Shutterstock