Tekno & Sains
·
4 September 2020 15:33

Ini Foto Mengerikan Kumpulan Virus Corona yang Menempel di Saluran Napas Manusia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Foto Mengerikan Kumpulan Virus Corona yang Menempel di Saluran Napas Manusia (3845)
Partikel virus corona terlihat seperti butiran kecil di sekitar sel saluran napas. Foto: The New England Journal of Medicine
Sebuah gambar yang diterbitkan di makalah ilmiah The New England Journal of Medicine baru-baru ini memperlihatkan bagaimana virus corona saat menyerang sel-sel yang melapisi saluran pernapasan manusia. Foto tersebut memberikan gambaran tentang jumlah partikel virus yang diproduksi selama menginfeksi, di mana sel yang terinfeksi dapat menghasilkan ribuan partikel virus.
ADVERTISEMENT
Dibagikan oleh Camille Ehre, asisten profesor di University of North Carolina School of Medicine’s Marsico Lung Institute, gambar itu ditangkap dengan pemindai mikroskop elektron, sebuah perangkat dengan teknologi elektron yang digunakan khusus untuk menghasilkan gambar.
Untuk mendapatkan gambar tersebut, pertama-tama peneliti harus menginfeksi sel saluran napas manusia dengan SARS-CoV-2, virus penyebab penyakit COVID-19 di laboratorium. Setelah empat hari, peneliti memeriksa sel tersebut yang ditaruh di dalam perangkat khusus.
Ini Foto Mengerikan Kumpulan Virus Corona yang Menempel di Saluran Napas Manusia (3846)
Partikel virus corona terlihat seperti butiran kecil di sekitar sel saluran napas. Foto: The New England Journal of Medicine
Proyeksi mirip mie dalam gambar adalah silia atau struktur seperti rambut di permukaan sel saluran pernapasan. Ujung silia melekat pada untaian lendir seperti jaring yang secara alami terdapat di saluran pernapasan.
Partikel virus corona terlihat seperti butiran kecil. Ketika diperbesar, kamu dapat melihat struktur runcing pada permukaan partikel virus. Paku seperti mahkota itulah alasan kenapa virus ini diberi nama sebagai virus corona (corona berarti mahkota dalam bahasa latin). Virus menggunakan paku runcing itu untuk menyerang sel manusia.
Ini Foto Mengerikan Kumpulan Virus Corona yang Menempel di Saluran Napas Manusia (3847)
Gambar virus corona saat menginfeksi sel saluran napas dalam tampilan diperbesar. Foto: The New England Journal of Medicine
“Gambar juga menunjukkan kepadatan tinggi partikel virus corona yang disebut virion telah menginfeksi hampir seluruh sel napas pernapasan. Analisis konsentrasi virus dalam sampel menunjukkan sejumlah besar virion yang diproduksi dan dilepaskan per sel,” tulis Ehre sebagaimana dikutip Live Science.
ADVERTISEMENT
***
Saksikan video menarik di bawah ini