kumparan
29 Agustus 2017 8:06

Karya-karya Kuno Ditemukan di Sebuah Biara di Mesir

Ilustrasi teks kuno (Foto: Wikimedia Commons)
Karya-karya kuno yang tak terlacak oleh manusia sejak Abad Kegelapan telah ditemukan di sebuah biara di Mesir. Dilansir The Times, Senin (28/8), penemuan tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik yang memungkinkan para ilmuwan untuk merekonstruksi teks-teks yang telah lama terhapus dari perkamen yang tersimpan di dalam biara tersebut.
ADVERTISEMENT
Menurut para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian, penemuan teks-teks kuno di Biara Saint Catherine di Semenanjung Sinai itu menandakan "zaman keemasan baru penemuan". Mereka percaya teknik atau metode tersebut dapat mengungkapkan lebih banyak lagi teks lainnya yang hilang.
Teks kuno yang hilang itu dapat diungkap dengan menggunakan teknik baru yang melibatkan pengambilan gambar perkamen dari beberapa sudut dan menggunakan berbagai bagian spektrum cahaya. Teknologi pencitraan tersebut berhasil mengumpulkan kembali kata-kata pada perkamen yang awalnya telah terhapus.
Beberapa teks baru yang ditemukan oleh para peneliti dari Early Manuscripts Electronic Library di California itu antara lain adalah dokumen-dokumen yang ditulis dalam bahasa-bahasa yang langka.
Salah satu bahasa yang ditemukan dalam teks-teks kuno tersebut adalah bahasa Kaukasia Albania. Sebelum penemuan tersebut, bahasa Kaukasia Albania hanya diketahui dari prasasti-prasasti batu yang ditemukan secara tersebar.
ADVERTISEMENT
Tak hanya teks berbahasa Kaukasia Albania, tiga teks medis Yunani kuno yang sebelumnya tidak diketahui oleh para ilmuwan pun terungkap berkat penemuan tersebut.
Selain itu, ditemukan pula salinan paling awal dari beberapa teks karya Hipokrates, dokter Yunani kuno yang sangat terkenal dan mendapat julukan sebagai bapak kedokteran dunia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan