kumparan
30 Januari 2019 7:06

Ketika Kelelawar Raksasa Bikin Heboh Twitter

Kelelawar Raksasa Pteropus
Kelelawar raksasa Pteropus. (Foto: Flickr/Stefano Tassano)
Kita mengenal kelelawar sebagai mamalia bersayap berukuran kecil yang punya posisi tidur unik dan biasa aktif di malam hari. Namun sepertinya banyak yang lupa bahwa ada berbagai macam kelelawar yang ukurannya bisa berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah para kelelawar dari famili Pteropodidae yang panjang sayapnya bisa mencapai 1,7 meter. Ukuran besarnya membuat kaget para warganet di Twitter, setelah pemilik akun Twitter @VeganGenesis membagikan foto si kelelawar raksasa di akun pribadinya itu.
Cuitannya itu di-retweet 21 ribu kali dan mendapat banyak reaksi lucu dari para warganet. Beberapa di antaranya mengaku takut jika harus bertemu dengan si kelelawar raksasa.
Ada juga yang turut meramaikan dengan membagikan video kelelawar besar lain yang sedang bergelantungan di pohon-pohon.
Sebenarnya kita tidak perlu takut kepada kelelawar-kelelawar besar yang disebut megabat ini. Megabat adalah sebutan umum bagi para kelelawar dari famili Pteropodidae, di antaranya adalah kalong atau Giant Fruit Bats. Seperti namanya, mereka adalah pemakan buah dan madu dari bunga.
ADVERTISEMENT
Mereka bisa ditemukan hidup di daerah tropis dan sub tropis di Afrika, Eropa, Asia, dan Oseania. IFL Science melansir, para megabat memiliki kemampuan penciuman serta penglihatan yang kuat untuk membantu mereka menemukan makanannya. Berbeda dengan para kelelawar lain, mereka tidak bergantung pada kemampuan ekolokasi atau sonar biologi.
Di siang hari mereka bisa ditemukan bergelantungan di pohon-pohon. Meski begitu, ada beberapa spesies dari megabat yang memilih hidup di dalam gua.
Kelelawar kepala abu-abu
Kelelawar kepala abu-abu. (Foto: Mike Lehmann via Wikimedia Commons)
Sedihnya, banyak megabat yang terancam punah akibat penggundulan hutan serta perburuan. Padahal peran mereka cukup penting bagi ekosistem. Gaya makan mereka sangat membantu menyebarkan biji buah-buahan dan serbuk sari.
Jadi, tidak perlu takut ya saat melihat kelelawar besar yang seperti raksasa. Kalau dilihat-lihat, penampakan mereka tidak seram-seram amat kok. Kalau tidak percaya, lihat saja video-video ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan