Tekno & Sains
·
19 September 2020 15:06

Klaim Mandi Lumpur Bisa Cegah Corona, Politikus Ini Positif COVID-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Klaim Mandi Lumpur Bisa Cegah Corona, Politikus Ini Positif COVID-19 (99003)
Sukhbir Singh Jaunapuria, politisi India yang sesumbar mandi lumpu bisa tangkal virus corona, kini positif COVID-19. Foto: Sukhbir Singh Jaunapuria/Facebook
Seorang politikus India sempat viral beberapa waktu lalu, karena klaimnya yang menyebut mandi lumpur bisa mencegah infeksi virus corona. Satu bulan berselang setelah kontroversi tersebut, ia dinyatakan positif COVID-19, penyakit yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2.
ADVERTISEMENT
Politisi itu bernama Sukhbir Singh Jaunapuria. Ia merupakan seorang anggota parlemen dari negara bagian Rajasthan.
Jaunapuria menjadi satu dari 24 anggota parlemen India yang terkonfirmasi positif mengidap virus SARS-CoV-2 pada 14 September 2020. Hal ini terbukti setelah seluruh anggota parlemen India menjalani swab test menyusul wabah corona yang semakin parah di India.
Klaim Mandi Lumpur Bisa Cegah Corona, Politikus Ini Positif COVID-19 (99004)
com-Ilustrasi tes darah yang positif corona. Foto: Shutterstock
Satu bulan sebelum didiagnosis positif COVID-19, Jaunapuria mengunggah video kontroversial berdurasi 7 menit di akun Facebook miliknya. Di video itu ia sesumbar bahwa virus corona bisa dicegah dengan mandi lumpur.
Dalam video, Jaunapuria tengah duduk di kubangan lumpur. Seluruh tubuhnya dipenuhi lumpur berwarna coklat pekat.
Politikus itu pun juga memegang sebuah tempurung keong di tangannya dan meniupnya. Ia mengklaim, meniup keong tersebut membuat kapasitas paru-parunya akan meningkat, sehingga bisa terbebas dari penyakit COVID-19.
Klaim Mandi Lumpur Bisa Cegah Corona, Politikus Ini Positif COVID-19 (99005)
Sukhbir Singh Jaunapuria, politisi India yang sesumbar mandi lumpu bisa tangkal virus corona, kini positif COVID-19. Foto: Sukhbir Singh Jaunapuria/Facebook
Dia juga menyampaikan bahwa dekat dengan alam akan membuat seseorang kebal dari virus corona.
ADVERTISEMENT
“Keluarlah, basahi dirimu dalam hujan, duduk di tanah, bekerja di kebun, tiup keong, dan makan makanan desi (istilah India yang berarti lokal atau murni). Seseorang dapat memperoleh imunitas dengan melakukan hal-hal ini,” ujarnya dalam video tersebut.
Bukan kali ini saja Jaunapuria membuat pernyataan kontroversial soal lumpur. Pada ajang Hari Yoga Internasional, ia pernah bilang bahwa memaparkan lumpur ke seluruh tubuh dan melakukan yoga dapat menyembuhkan seluruh penyakit.
Aksi aneh dari politisi India ini pun menuai kontroversi dan viral di media sosial. Hal ini diperparah dengan wabah virus corona yang semakin buruk di India.
Hingga Jumat (18/9), India telah memiliki hingga 5,21 juta kasus positif corona. Jumlah ini hanya kalah dari Amerika Serikat yang menembus 6,7 juta kasus. Sementara itu, sebanyak 84 ribu nyawa telah melayang di India karena virus corona.
ADVERTISEMENT
(EDR)