kumparan
19 Februari 2019 13:25

Malam Ini, Supermoon Terbesar dan Tercerah di 2019 Akan Hiasi Langit

Supermoon di Hongkong Foto: AFP/Anthony Wallace
Supermoon terbesar di tahun 2019 akan menghiasi langit malam ini, Selasa (19/2). Tepat pukul 10:53 WIB malam nanti, Bulan akan berada pada jarak sekitar 357 ribu kilometer dari Bumi. Hal ini membuat supermoon atau bulan super nanti malam tampak lebih besar dan terang dibanding supermoon lain yang muncul pada 2019.
ADVERTISEMENT
Supermoon atau bulan super adalah sebutan ketika Bulan purnama dan perigee, saat Bulan berada di posisi terdekat dengan Bumi, terjadi bersamaan. Karena Bulan mengorbit Bumi, maka jarak antara keduanya terus berubah-ubah.
Pada titik terjauh Bulan dari Bumi, yang disebut apogee, jarak keduanya bisa mencapai sekitar 383 ribu kilometer. Kondisi itu membuat Bulan tampak lebih kecil alias micromoon.
Supermoon Foto: REUTERS / Darrin Zammit Lupi TPX GAMBAR HARI
"Ada beberapa ahli astronomi yang menganggap 'supermoon' sebagai sebutan media saja. Tapi bagi saya, segala sesuatu yang membuat orang melihat langit di atas adalah cara terbaik membuat mereka tertarik terhadap luar angkasa," ujar astronom Paul Cox.
"Saya akan heran pada orang yang melihat munculnya supermoon dan tidak merasa takjub atasnya," tambah dia dalam suatu pernyataan yang dilansir Newsweek.
ADVERTISEMENT
Cox adalah ahli astronomi yang berafiliasi dengan teleskop robotik Slooh di Institute of Astrophysics of the Canary Islands, Spanyol. Ia bakal menjadi salah satu pembicara di suatu acara nonton bareng supermoon malam ini yang bisa ditonton dari YouTube.
Video
Bulan ini juga punya nama unik, yakni Super Snow Moon. IFL Science melaporkan, nama itu berasal dari suatu suku asli Amerika. Nama "Snow" atau salju diberikan suku itu kepada Bulan purnama kedua saat musim dingin.
Di Indonesia, tepatnya Jakarta, Bulan akan berada pada titik terdekatnya ke Bumi pada pukul 10:53 WIB. Jika langit cerah, kamu mungkin bisa menikmati kemilau lembut cahaya supermoon dan sejenak melupakan riuhnya dunia ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan