kumparan
search-gray
Tekno & Sains26 April 2018 17:15

Pentingnya Cuci Hidung Setiap Hari untuk Kesehatan Kita

Konten Redaksi kumparan
Pentingnya Cuci Hidung Setiap Hari untuk Kesehatan Kita (11334)
Ilustrasi mencuci hidung. (Foto: Aikhan via Wikimedia Commons)
Kampanye mencuci tangan sudah sering kita dengar dan dilakukan oleh orang Indonesia. Tetapi untuk cuci hidung, tampaknya kampanye ini masih terdengar asing.
ADVERTISEMENT
Walau terdengar asing, sejatinya menjaga kesehatan dan kebersihan hidung adalah mutlak dilakukan untuk mencegah penyakit, karena indera penciuman ini adalah organ penting yang memberi proteksi pertama saat manusia menghirup oksigen.
Mencuci hidung menjadi sangat penting mengingat kualitas udara yang semakin lama semakin buruk akibat polusi, terutama di daerah perkotaan dan kawasan industri.
Menurut dr. S Hendradewi, Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) dari RS dr. Moewardi, Solo, hidung manusia kerap terinfeksi karena masalah udara. Udara yang kotor serta hidung yang juga kotor ini akan menjadi masalah ke organ lain, mengingat udara yang masuk dari hidung kemudian masuk ke paru-paru dan disebarkan ke seluruh tubuh.
Pentingnya Cuci Hidung Setiap Hari untuk Kesehatan Kita (11335)
Kampanye #cucihidungsetiaphari (Foto: Zahrina Noorputeri/kumparan)
"Jika hidung ini terganggu maka akan menimbulkan masalah yang kompleks," kata Hendradewi dalam jumpa pers Kampanye Cuci Hidung Setiap Hari di Jakarta, Kamis (26/8).
ADVERTISEMENT
Hidung kita bekerja menyaring kotoran dan kuman sebelum masuk ke dalam tubuh dengan bantuan bulu hidung dan organ kecil yang disebut silia. Apabila terjadi penumpukan kotoran di dalam hidung dan tidak pernah dibersihkan, maka infeksi pun akan timbul di hidung.
Bila infeksi sampai terjadi, bukan hanya hidung, tenggorokan dan telinga akan terkena infeksi akibat hidung kotor.
Mencuci hidung, selain untuk menjaga kebersihan hidung dan mencegah penyakit juga memiliki manfaat lain. Antara lain adalah untuk membantu penyembuhan dari peradangan dan sinus.
Sementara jika hidung kita kotor, hal ini turut memicu infeksi yang datang terus menerus sehingga peradangan sulit untuk sembuh.
Faedah lain dari mencuci hidung juga menurunkan kekambuhan alergi. Alergi itu sendiri dapat terjadi karena masuknya pemicu ke dalam hidung, seperti debu, serbuk bunga, atau bahkan serangga seperti tungau. Dengan cara mencuci hidung, pemicu alergi yang terhisap pun dapat dikeluarkan.
Pentingnya Cuci Hidung Setiap Hari untuk Kesehatan Kita (11336)
Kampanye #cucihidungsetiaphari (Foto: Zahrina Noorputeri/kumparan)
Terakhir, manfaat lain cuci hidung adalah untuk menjaga kelembaban hidung dan agar hidung tidak kering. Hidung yang kering akan menyebabkan penumpukan kotoran hidung bahkan hingga terjadi mimisan.
ADVERTISEMENT
Cuci hidung sebaiknya dilakukan setidaknya satu kali sehari di saat sebelum tidur.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white