Tekno & Sains
·
7 April 2020 15:31

Pentingnya Probiotik untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pentingnya Probiotik untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Corona (18678)
com-Ilustrasi ilmuwan. Foto: Shutterstock
Penyebaran virus corona (COVID-19) semakin meluas ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Berbagai upaya pencegahan dilakukan untuk melawan pandemi ini, salah satunya dengan physical distancing — imbauan kepada masyarakat untuk berada di rumah saja, termasuk bekerja dan belajar secara daring di rumah.
ADVERTISEMENT
Kekhawatiran masyarakat dunia akan virus corona bukan tanpa alasan. Selain karena penyebarannya yang cepat, virus tersebut juga dapat memberikan dampak serius bagi kesehatan, bahkan menyebabkan kematian.
Salah satu penyebab COVID-19 memburuk adalah kondisi tubuh yang tidak prima, termasuk daya tahan tubuh rendah atau terdapat riwayat penyakit lain sebelum terjangkit virus corona. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.
Probiotik dalam tubuh turut berperan penting dalam menjaga imunitas. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan dari Wuhan dan dipublikasikan di Research Gate, penyebab COVID-19 memburuk pada pasien salah satunya diakibatkan karena jumlah probiotik menurun, sehingga daya tahan tubuh pun ikut menurun.
Jumlah probiotik Bifidobacterium dan Lactobacillus di usus yang merosot menciptakan ketidakseimbangan di usus (gut dysbiosis). Kemudian, kondisi tersebut mengakibatkan produksi zat imun tubuh seperti sel limfosit oleh probiotik pun ikut menurun. Dengan rendahnya daya tahan tubuh karena pasukan imun yang tak memadai, virus pun tidak dapat dibunuh dan semakin menyebar dan progresif menyerang sel-sel tubuh.
ADVERTISEMENT
Mengapa probiotik sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh? Dilansir dari paparan Cell Biotech, 70 hingga 80 persen sistem imun tubuh berlokasi di saluran cerna. Agar saluran cerna tersebut sehat dan berfungsi dengan baik, dibutuhkan mikrobioma (bakteri, virus, eukariota) dengan jumlah yang seimbang dan beragam. Probiotik memastikan agar mikrobioma dalam saluran cerna tersebut sesuai dengan kebutuhan, termasuk memastikan zat imun tubuh berada dalam jumlah yang cukup.
Karenanya, penting untuk meningkatkan jumlah probiotik dalam tubuh agar pencernaan sehat dan daya tahan tubuh kuat. Salah satunya dengan cara mengonsumsi asupan yang mengandung probiotik.
Sumber nutrisi yang mengandung probiotik di antaranya adalah yogurt, tempe, acar, kimchi, sup miso, hingga beberapa jenis keju semisal mozzarella dan cheddar.
ADVERTISEMENT
Namun tidak perlu khawatir Anda harus susah payah mencari berbagai jenis makanan tersebut. Untuk mendapatkan asupan probiotik yang ideal, Anda bisa konsumsi Synbio, kapsul sinbiotik pertama di Indonesia dengan ProbioACT.
Pentingnya Probiotik untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Corona (18679)
com-Synbio untuk pencernaan sehat, daya tahan tubuh kuat. Foto: Dok. Kalbe Farma
Synbio memiliki kombinasi seimbang dari 2 probiotik utama tubuh, Bifidobacterium dan Lactobacillus. Selain itu, Synbio dilengkapi dengan prebiotik FOS (fructooligosaccharide) sehingga kedua probiotik ini mampu secara optimal memproduksi zat imunitas IgA, IL-10, serta Limfosit B untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, Synbio juga dapat membantu cegah dan tangkal perburukan gejala sesak napas.
Pentingnya Probiotik untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Corona (18680)
com-Synbio untuk pencernaan sehat, daya tahan tubuh kuat. Foto: Dok. Kalbe Farma
Bukan hanya itu saja, teknologi ProbioACT Synbio dapat menjamin probiotik yang terkandung bisa sampai di usus dengan optimal.
Menyadari pentingnya probiotik bagi daya tahan tubuh, terutama di tengah masa pandemi ini, mari konsumsi asupan yang kaya probiotik seperti Synbio.
ADVERTISEMENT
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Kalbe Farma