Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 8:49

Petani Ini Temukan Patung Wanita Misterius dengan Hiasan Kepala Mirip Star Wars

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Petani Ini Temukan Patung Wanita Misterius dengan Hiasan Kepala Mirip Star Wars (71690)
Patung wanita misterius berusia 500 tahun (kiri), yang memiliki hiasan kepala yang terlihat seperti hiasan kepala Star Wars, mantan murid Jedi Ahsoka Tano (kanan). Foto: INAH/Maria Eugenia Maldonado
Seorang petani di Meksiko menemukan patung wanita misterius berusia 500 tahun dengan hiasan besar aneh di kepala mirip tokoh dalam film Star Wars. Penemuan itu kemudian dipublikasikan oleh National Institute of Anthropology and History (INAH) Meksiko.
ADVERTISEMENT
Patung ditemukan oleh petani lokal di sebuah ladang jeruk di kota Hidalgo Amajac, negara bagian Veracruz, Meksiko, pada 1 Januari 2021. Patung batu kapur setinggi 2 meter tersebut menggambarkan seorang wanita muda mengenakan pakaian dan perhiasan aneh, termasuk kalung liontin yang dikenal ‘oyohualli’, anting rumbai, dan hiasan kepala mirip Ahsoka Tano--salah satu tokoh prajurit Jedi--di film Star Wars.
Sama seperti Ahsoka Tano, wanita misterius ini diduga memainkan peran penting pada masanya, di mana ia diduga sebagai wanita dari kalangan atas. “Mungkin seorang penguasa, karena postur dan pakaiannya, bukan dewa," kata Maria Eugenia Maldonado Vite, seorang arkeolog di INAH Veracruz Center sebagaimana dikutip Live Science.
Petani Ini Temukan Patung Wanita Misterius dengan Hiasan Kepala Mirip Star Wars (71691)
Patung wanita dengan kalung, anting dan hiasan kepala berukuran besar. Foto: INAH/Maria Eugenia Maldonado
Adapun patung kemungkinan besar berasal dari periode akhir Pascaklasik sekitar 1450-1521 M, mengingat terdapat ciri-ciri dari budaya Huastec, sekelompok orang di Pantai Teluk Meksiko yang tinggal di persimpangan jalan pra-Columbus.
ADVERTISEMENT
“Penemuan apa yang kemungkinan besar adalah seorang penguasa perempuan yang penting mengkonfirmasi partisipasi aktif dari perempuan yang berkuasa dalam struktur sosial dan politik Huastec," ujar Alejandra Frausto Guerrero, sekretaris kebudayaan Meksiko.
Di bagian bawah patuh terdapat dudukan yang memungkinkan benda dapat diletakkan di atas tanah dengan tegak. Sementara wajah patung tampak sedang terkejut di mana mata dan mulutnya terbuka lebar. “Mata itu pasti dipenuhi dengan lapisan obsidian atau batu lain,” kata Maldonado Vite.
Petani Ini Temukan Patung Wanita Misterius dengan Hiasan Kepala Mirip Star Wars (71692)
Wajah patung wanita yang tampak seperti sedang kaget. Foto: INAH/Maria Eugenia Maldonado
Lokasi ditemukannya patung yang terletak di antara situs arkeologi Aztec Tochpan (Tuxpan) dan Huastec Castillo de Teayo menunjukkan bahwa patung kemungkinan berasal dari dua kebudayaan tersebut.
Sebagian besar patung Huastec menggambarkan dewa Tlazolteotl, yakni dewa Aztec earth-mother. Tlazolteotl sering digambarkan sebagai sosok dewi mengenakan cincin di hidung dengan gelondong berjumbai kapas di kepala.
ADVERTISEMENT
Arkeolog berencana untuk mempelajari patung lebih lanjut, termasuk melakukan penelitian di lokasi penemuan patung. Belum diketahui situs apa yang bersemayam di ladang kebun jeruk, namun Maldonado Vite melihat adanya struktur kecil yang diduga sebagai bangunan pra-Columbus.