kumparan
3 Desember 2019 8:47

Riset: Sikat Gigi 3 Kali Sehari Bisa Turunkan Risiko Gagal Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung.
Ilustrasi kesehatan jantung. Foto: Foto: Shutter Stock
Cukup dengan menyikat gigi tiga kali atau lebih dalam sehari, bisa menurunkan 12 persen terkena gagal jantung dan 10 persen menurunkan fibrilasi atrial (detak jantuk yang tidak teratur), sebut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology.
ADVERTISEMENT
Dalam studinya, para ilmuwan melibatkan 161 ribu responden. Mereka adalah orang-orang yang terdaftar sebagai peserta Sistem Asuransi Kesehatan Nasional Korea yang berusia 40 hingga 79 tahun, tanpa memiliki riwayat gagal jantung sebelumnya.
Kesehatan mulut dan gigi pengaruhi jantung
Kesehatan mulut dan gigi pengaruhi jantung. Foto: Thinkstock
Mula-mula, responden menjalani pemeriksaan medis secara rutin yang telah dilakukan pada 2003 dan 2004 silam. Hasil rekam medis mereka terkait tinggi dan berat badan, tes laboratorium, riwayat penyakit, gaya hidup, kesehatan mulut serta perilaku menjaga kesehatan mulut kemudian dikumpulkan.
Setelah diamati selama 10 tahun pascapemeriksaan, ada sekitar 4.911 (3 persen) peserta yang mengalami fibrilasi atrial dan 7.971 (4,9 persen) lainnya yang menderita gagal jantung.
“Kami mempelajari kelompok besar dalam jangka waktu yang lama, untuk menguatkan temuan kami,” ujar salah satu peneliti, Tae-Jin Song dari Ehwa Womans University, Korea Selatan seperti dikutip dari The Peninsula Qatar.
ADVERTISEMENT
Dalam riset sebelumnya, peneliti menemukan bahwa kebersihan mulut yang tak terjaga dengan baik memicu munculnya bakteri dalam darah yang dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh.
Nah, dari peradangan inilah kemudian timbul masalah baru yakni meningkatnya risiko fibrilasi atrial hingga gagal jantung.
Perlu dicatat, hasil temuan ini didapat tanpa mempertimbangkan usia, jenis kelamin, status sosial dan ekonomi, kebiasaan olahraga, kebiasaan mengonsumsi alkohol, indeks massa tubuh, serta komorbiditas seperti hipertensi.
Ilustrasi perempuan sedang sikat gigi
Ilustrasi perempuan sedang sikat gigi. Foto: Shutter Stock
Menurut peneliti, dengan menyikat gigi secara teratur, bakteri yang hidup di sela-sela gigi dan gusi dapat berkurang sehingga mencegahnya masuk ke aliran darah.
Meski begitu, para peneliti sadar bahwa terlalu dini bagi mereka untuk merekomendasikan menyikat gigi sebagai salah satu cara mencegah timbulnya fibrilasi atrial dan gagal jantung.
ADVERTISEMENT
Tae-Jin menambahkan, di saat peradangan sudah dapat dipastikan sebagai pemicu penyakit kardiovaskular, maka disarankan agar studi-studi berikutnya lebih banyak membahas tentang bagaimana strategi yang diperlukan masyarakat untuk menangkal penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh peradangan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan