kumparan
4 Mar 2019 10:14 WIB

Rovicky Dwi Putrohari, Geolog Penulis 'Dongeng Geologi', Tutup Usia

Rovicky Dwi Putrohari, geolog pengelola blog 'Dongeng Geologi'. Foto: Dok. Rovicky Dwi Putrohari via Facebook
Kabar duka datang dari kalangan ahli geologi di Indonesia. Rovicky Dwi Putrohari, salah satu ahli geologi terkemuka di tanah air, meninggal dunia pada Senin, 4 Maret 2019, pukul 02.05 WIB dini hari.
ADVERTISEMENT
Rovicky meninggal di usia 56 tahun di RSPI Pondok Indah, Jakarta. Selama masa hidupnya, Rovicky pernah menjabat sebagai Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) periode 2011-2014.
Ketua IAGI saat ini, Sukmandaru Prihatmoko, membenarkan soal kepergian rekannya ini. “Benar, Pak Rovicky meninggal dunia hari ini. Dimakamkan nanti jam 13.00 di Tanah Kusir,” kata Daru, sapaan Sukmandaru, saat dihubungi kumparanSAINS, Senin (4/3).
Daru mengatakan, sebelum meninggal Rovicky sempat mengalami masalah kesehatan di bagian usus halusnya dan sempat dioperasi sekitar 3 minggu lalu.
Rovicky Dwi Putrohari, geolog pengelola blog 'Dongeng Geologi'. Foto: Dok. Rovicky Dwi Putrohari via Facebook
Menurut Daru, semasa hidupnya Rovicky telah memberikan warna kepada IAGI dan komunitas-komunitas geologi di Indonesia. Terutama, menurutnya, karena Rovicky dikenal sebagai geolog yang senang menulis di blog ‘Dongeng Geologi’ yang dia buat dan kelola sendiri.
ADVERTISEMENT
“Pak Rovicky mampu menjelaskan dunia geologi dan ilmu alam lainnya sehingga mudah dicerna masyarakat umum,” kata Daru.
Daru menyatakan dia dan para anggota IAGI lainnya sangat kehilangan dengan kepergian “salah satu ahli geologi terkemuka di Indonesia” ini.
“Kami merasa kehilangan dengan kepergian Pak Rovicky dan semoga beliau diberikan tempat terbaik di sisi-Nya,” pungkas Daru.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan