kumparan
20 Juli 2018 15:04

Sarkofagus Hitam Misterius di Mesir Dibuka, 3 Tengkorak Ditemukan

Sarkofagus misterius Mesir.
Tulang belulang di dalam sarkofagus misterius. (Foto: Kementerian Benda Bersejarah Mesir)
Sarkofagus hitam misterius berukuran jumbo yang ditemukan di Mesir akhirnya dibuka. Sebelumnya misteri menyelimuti sarkofagus dengan tinggi 185 sentimeter, panjang 265 sentimeter, serta lebar 165 sentimeter ini karena tidak ada yang tahu apa isinya.
ADVERTISEMENT
Dilansir Live Science, Kementerian Benda Bersejarah Mesir mengeluarkan pernyataan pada 19 Juli 2018 bahwa sarkofagus tersebut telah dibuka oleh para arkeolog dan mereka sudah mengetahui isinya. Sarkofagus raksasa tersebut ternyata berisi air got yang berbau tidak sedap. Diduga air tersebut berasal dari lingkungan sekitar yang merembes masuk ke dalam sarkofagus.
Namun bukan hanya berisi air got, di dalam sarkofagus itu juga terdapat tiga buah tengkorak. Ketiga tengkorak tersebut saat ini sedang diperiksa. Sedikitnya yang sudah diketahui, salah satu tengkorak tersebut memiliki bekas luka yang disebabkan oleh serangan dari anak panah.
Upaya membuka sarkofagus tersebut ternyata belumlah mengurangi tanda tanya dan rasa penasaran dari para arkeolog. Mereka masih merasa harus mencari tahu siapa pemilik ketiga tengkorak tersebut, kapan mereka hidup, bagaimana mereka mati, dan mengapa mereka terkubur di sana. Pertanyaan lain adalah bagaimana air got tersebut bisa masuk ke dalam sarkofagus.
Sarkofagus misterius Mesir.
Air got di dalam sarkofagus. (Foto: Kementerian Benda Bersejarah Mesir)
Setelah kematian Alexander Agung pada tahun 323 Sebelum Masehi, firaun yang merupakan keturunan dari salah satu jenderal Alexander memerintah di Mesir selama beberapa abad. Para firaun ini terlibat dalam berbagai perang dan konflik, dan ada kemungkinan bahwa ketiga orang yang ditemukan dalam sarkofagus itu adalah salah satu dari firaun yang berperang.
ADVERTISEMENT
Salah satu tengkorak menunjukkan tanda-tanda adanya luka panah. Hal ini menguatkan bukti bahwa mereka kemungkinan mati saat berperang. Namun begitu, usia dari tengkorak tersebut belum bisa diketahui.
Selain mencari keterangan mengenai ketiga tengkorak tersebut, para arkeolog kini juga sedang mencari tanda-tanda apakah ketiga tengkorak itu dikubur bersama dengan artefak lain. Ada kemungkinan, air got yang masuk dapat menghancurkan artefak di dalam sarkofagus.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan