kumparan
27 Juli 2019 15:05

Sebuah Benda yang Diduga Meteorit Jatuh di Area Persawahan India

Batu Meteor Jatuh di Sawah India
Batu Meteor Jatuh di Sawah India Foto: AFP/STR
Para petani di desa Mahadeva, distrik Madhubani, negara bagian Bihar, India, dikejutkan oleh jatuhnya sebuah benda di tengah sebuah sawah. Benda sebesar bola sepak itu diduga merupakan meteorit, bagian meteor yang telah jatuh dan mencapai permukaan Bumi.
ADVERTISEMENT
Benda itu mendarat dengan dentuman bunyi "gedebuk'' dan menimbulkan asap.
Kapil Ashok, hakim distrik Madhubani, mengatakan bahwa para petani di sawah tempat kejadian melaporkan adanya “benda seperti bola api jatuh dari langit.” Warga kemudian menemukan benda yang jatuh tersebut sudah ada di dalam lubang sedalam 150 sentimeter.
Menurut keterangan yang dideskripsikan warga, benda tersebut berwarna coklat muda dan sedikit berkilau. Beratnya sekitar 15 kilogram. Selain itu, menurut laporan, benda tersebut memiliki sifat magnetik yang kuat.
Ashok mengatakan kepada Press Trust of India bahwa benda itu terlihat seperti batu. "Tetapi kilaunya lebih dari batu yang tidak dipoles,'' katanya seperti yang dikutip dari The Guardian.
Rencananya benda yang diduga kuat sebagai meteorit itu akan disimpan di Museum Bihar. Namun nantinya meteorit itu akan dipindahkan dulu ke pusat sains Shrikrishna di kota Patna untuk diteliti oleh para ahli.
Batu meteor jatuh di persawahan India
Batu meteor jatuh di persawahan India Foto: AFP/STR
Meteor sendiri adalah partikel debu dan batu yang terbakar saat melewati atmosfer Bumi. Sementara meteorit adalah bagian dari meteor yang “selamat” dari pembakaran saat melewati atmosfer dan sampai ke permukaan Bumi. Meteorit yang jatuh ke Bumi tersebut diyakini dapat memberikan informasi terkait sejarah tata surya.
ADVERTISEMENT
Jatuhnya meteorit ke permukaan Bumi pernah terjadi beberapa kali. Sebelumnya pada tahun 2016, pihak berwenang di negara bagian Tamil Nadu, India selatan, mengatakan ada sebuah meteorit yang jatuh dan menewaskan seorang sopir bus dan melukai tiga orang lainnya. Para ilmuwan di India membenarkan pernyataan dari pihak berwenang tersebut, tapi klaim itu sempat diperdebatkan oleh para ilmuwan NASA.
Selain di India, pada 2013 sebuah meteorit juga sempat jatuh di Chelyabinsk, Rusia, kejadian itu mengakibatkan hampir 1.100 orang terluka. Meteorit tersebut sempat meledak di udara dan hancur berkeping-keping. Ledakan yang diberikan saat meteorit itu mendarat menyebabkan kerusakan pada kaca sejumlah bangunan dan sekitar 1.200 orang terluka akibatnya. NASA telah mengonfirmasi bahwa benda yang jatuh di Chelyabinsk memang benar meteorit.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan