kumparan
Tekno & Sains18 September 2019 8:06

Sebuah Restoran di India Bakal Jadi Tuan Rumah Kompetisi Kentut

Konten Redaksi kumparan
Untitled Image
Ilustrasi Kentut (Foto: Matti Mattila/Flickr)
Apa jadinya jika kentut dijadikan sebuah kompetisi? Mungkin yang terlintas dalam pikiranmu hanyalah bau yang menyengat.
ADVERTISEMENT
Namun, kompetisi kentut tampaknya bukanlah wacana belaka. Sebab, sebuah restoran di Surat, Gujarat, India, akan menjadi tuan rumah kompetisi kentut pada 22 September 2019 nanti. Dan hebatnya, 200 orang telah mendaftar menjadi peserta kompetisi ini.
Di dalam bahasa ilmiah kentut disebut flatulensi. Kegiatan yang sering kita lakukan ini memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Sebab, jika kita tidak bisa kentut, hal itu bisa membahayakan nyawa kita. Tak sedikit orang yang masuk rumah sakit karena tidak bisa kentut.
Komposisi zat kimia kentut setiap orang berbeda-beda, tergantung dari biokimia, bakteri, dan makanan orang tersebut. Itulah sebabnya arma kentut setiap orang juga berbeda. Namun begitu, secara umum, sebagian besar gas kentut terbuat dari nitrogen dan karbon dioksida yang memang banyak ditemukan di udara.
Untitled Image
Ilustrasi kentut. (Foto: Thinkstock)
Kentut peserta dinilai berdasarkan bunyinya
ADVERTISEMENT
Dalam kompetisi kentut di India ini, para peserta akan berlomba untuk mengeluarkan kentut dengan hadiah piala yang dibagi dalam tiga kategori, yakni kentut “terpanjang”, “paling keras”, dan “paling musikal”.
Yatin Sangoi, penyelenggara kompetisi ini, mengatakan bahwa hingga saat ini pendaftaran untuk kompetisi kentut masih dibuka, dan para peserta dapat memperebutkan piala sesuai dengan kategori yang telah ditentukan.
“Setiap peserta memiliki 60 detik untuk memamerkan bakat mereka di depan para juri. Kami mencari kentut terbaik India dalam tiga kategori ini,” ujar Sangoi seperti dikutip dari India Today.
Ilustrasi Kentut 6
Ilustrasi Kentut 6 Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan
“Mungkin acara semacam ini telah ada di negara lain, namun kompetisi kentut semacam ini baru dilakukan di India. Para peserta yang terdaftar telah datang dari berbagai wilayah, seperti Kolkata, Delhi, dan Jaipur,” katanya.
ADVERTISEMENT
Sangoi menambahkan, selain piala, mungkin akan ada hadiah uang tunai jika mereka mendapatkan sponsor untuk acara ini. Sangoi juga telah bekerja sama dengan temannya, Mul Sanghvi, untuk menyukseskan acara ini.
Sangoi dan Sanghvi bahkan telah membuat iklan di halaman Facebook mereka, dan membagikan tips kepada para peserta ihwal makanan yang harus mereka konsumsi untuk menciptakan kentut yang terbaik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan